29 March 2024 - 20:39 20:39

Menuju Transformasi Sepak Bola Indonesia

wartapenanews.com – Presiden Joko Widodo dan Presiden FIFA Gianni Infantino sepakat untuk bersama-sama mengawal transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh. Tranformasi sepak bola itu dikonkretkan mencakup sinkronisasi regulasi FIFA soal pengamanan penonton, perbaikan sarana penunjang di stadion agar sesuai standar FIFA, dan standardisasi layanan medis di seluruh stadion. Pembenahan ini dilakukan menyusul Tragedi Kanjuruhan untuk bangkit dari titik nol, mengikis stigma, dan berbenah demi Sepak Bola Tanah Air yang lebih baik.

”Kami bersepakat untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh. Memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA baik pemain maupun penonton harus terjamin keamanan dan keselamatannya,” ujar Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama sesuai bertemu Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Presiden Jokowi bertemu dan berdiskusi dengan Infantino selama lebih kurang 30 menit di Istana Merdeka. Pertemuan itu digelar untuk membahas evaluasi dan komitmen perbaikan transformasi sepak bola Tanah Air seusai tragedi yang menewaskan 133 orang di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jatim, awal Oktober lalu.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir serta Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali itu juga dibicarakan teknis manajemen stadion, terutama standar fasilitas stadion. RI dan FIFA sepakat untuk mengkaji kembali kelayakan stadion dan juga menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton ataupun pemain.

Presiden menyampaikan bahwa pemerintah memutuskan untuk membangun kembali Stadion Kanjuruhan agar sesuai dengan standar FIFA. ”Tadi saya juga menyampaikan untuk Stadion Kanjuruhan di Malang, juga akan kita runtuhkan dan kita bangun lagi sesuai dengan standar FIFA sebagai contoh standar stadion dengan fasilitas-fasilitas yang baik, menjamin keselamatan penonton dan pemain dan juga untuk suporter. Dan FIFA mengapresiasi itu,” kata Presiden.

Hal lain yang juga dibahas adalah detail manajemen keamanan, terutama menyangkut pengaturan waktu dan pengaturan suporter. Bersama FIFA, pemerintah akan mengkaji ulang para pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia. Proses transformasi sepak bola Indonesia dipastikan berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan FIFA. Kesepakatan dengan FIFA ini sekaligus menjadi momentum perbaikan sistem persepakbolaan Indonesia.

Untuk mengawal proses transformasi, FIFA akan berkantor di Indonesia hingga manajemen sepak bola di Indonesia berjalan baik. ”Saya melihat FIFA akan berkantor lama (di Indonesia) karena tadi Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan bahwa FIFA ingin berinvestasi banyak di Indonesia, dalam hal yang tadi berkaitan dengan stadion, dengan keselamatan, dengan suporter, dengan sekolah-sekolah sepak bola yang ada di Indonesia,” ujar Presiden.

Infantino menyatakan bahwa prioritas utama FIFA ketika berkantor di Indonesia adalah reformasi sepak bola di Indonesia. ”FIFA di sini untuk menjalin kerja sama yang erat dengan pemerintah dengan konfederasi sepak bola Asia dengan federasi sepak bola Indonesia untuk bertransformasi, untuk mereformasi sepak bola karena sepak bola adalah sukacita dan membawa kebahagiaan, ” tuturnya.

FIFA menyebut Indonesia sebagai negara sepak bola dengan hampir 300 juta rakyat mencintai sepak bola. FIFA mengaku berutang kepada pencinta sepak bola di Indonesia untuk memastikan keamanan pertandingan. Gianni, antara lain, menegaskan akan fokus pada pengoperasian stadion, perilaku penonton, hingga sekolah sepak bola.

”(Fokus) pada infrastruktur juga perlu diperhatikan karena sebagian dari insiden dapat terjadi karena kondisi infrastruktur. Jadi, kami akan membawa ahli yang akan membantu dan berinvestasi, kami akan memastikan bahwa Indonesia bersinar di panggung sepak bola global, ” tambah Infantino. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03