3 Februari 2023 - 13:01 13:01

Menuju Transformasi Sepak Bola Indonesia

wartapenanews.com – Presiden Joko Widodo dan Presiden FIFA Gianni Infantino sepakat untuk bersama-sama mengawal transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh. Tranformasi sepak bola itu dikonkretkan mencakup sinkronisasi regulasi FIFA soal pengamanan penonton, perbaikan sarana penunjang di stadion agar sesuai standar FIFA, dan standardisasi layanan medis di seluruh stadion. Pembenahan ini dilakukan menyusul Tragedi Kanjuruhan untuk bangkit dari titik nol, mengikis stigma, dan berbenah demi Sepak Bola Tanah Air yang lebih baik.

”Kami bersepakat untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh. Memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA baik pemain maupun penonton harus terjamin keamanan dan keselamatannya,” ujar Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama sesuai bertemu Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Presiden Jokowi bertemu dan berdiskusi dengan Infantino selama lebih kurang 30 menit di Istana Merdeka. Pertemuan itu digelar untuk membahas evaluasi dan komitmen perbaikan transformasi sepak bola Tanah Air seusai tragedi yang menewaskan 133 orang di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jatim, awal Oktober lalu.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir serta Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali itu juga dibicarakan teknis manajemen stadion, terutama standar fasilitas stadion. RI dan FIFA sepakat untuk mengkaji kembali kelayakan stadion dan juga menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton ataupun pemain.

Presiden menyampaikan bahwa pemerintah memutuskan untuk membangun kembali Stadion Kanjuruhan agar sesuai dengan standar FIFA. ”Tadi saya juga menyampaikan untuk Stadion Kanjuruhan di Malang, juga akan kita runtuhkan dan kita bangun lagi sesuai dengan standar FIFA sebagai contoh standar stadion dengan fasilitas-fasilitas yang baik, menjamin keselamatan penonton dan pemain dan juga untuk suporter. Dan FIFA mengapresiasi itu,” kata Presiden.

Hal lain yang juga dibahas adalah detail manajemen keamanan, terutama menyangkut pengaturan waktu dan pengaturan suporter. Bersama FIFA, pemerintah akan mengkaji ulang para pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia. Proses transformasi sepak bola Indonesia dipastikan berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan FIFA. Kesepakatan dengan FIFA ini sekaligus menjadi momentum perbaikan sistem persepakbolaan Indonesia.

Untuk mengawal proses transformasi, FIFA akan berkantor di Indonesia hingga manajemen sepak bola di Indonesia berjalan baik. ”Saya melihat FIFA akan berkantor lama (di Indonesia) karena tadi Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan bahwa FIFA ingin berinvestasi banyak di Indonesia, dalam hal yang tadi berkaitan dengan stadion, dengan keselamatan, dengan suporter, dengan sekolah-sekolah sepak bola yang ada di Indonesia,” ujar Presiden.

Infantino menyatakan bahwa prioritas utama FIFA ketika berkantor di Indonesia adalah reformasi sepak bola di Indonesia. ”FIFA di sini untuk menjalin kerja sama yang erat dengan pemerintah dengan konfederasi sepak bola Asia dengan federasi sepak bola Indonesia untuk bertransformasi, untuk mereformasi sepak bola karena sepak bola adalah sukacita dan membawa kebahagiaan, ” tuturnya.

FIFA menyebut Indonesia sebagai negara sepak bola dengan hampir 300 juta rakyat mencintai sepak bola. FIFA mengaku berutang kepada pencinta sepak bola di Indonesia untuk memastikan keamanan pertandingan. Gianni, antara lain, menegaskan akan fokus pada pengoperasian stadion, perilaku penonton, hingga sekolah sepak bola.

”(Fokus) pada infrastruktur juga perlu diperhatikan karena sebagian dari insiden dapat terjadi karena kondisi infrastruktur. Jadi, kami akan membawa ahli yang akan membantu dan berinvestasi, kami akan memastikan bahwa Indonesia bersinar di panggung sepak bola global, ” tambah Infantino. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
satu 1
Mobil Sebar Duit, Warga Jombang Berebut Ambil Uang

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
3 Februari 2023 - 12:13
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur

wartapenanews.com  -  Seorang siswa teladan dari SMA Negeri 1 Kota Kotamobagu di Sulawesi Utara (Sulut) bernama Aldi, dianiaya atau dikeroyok oleh belasan siswa lainnya hingga babak belur dan harus dibawa

01
|
3 Februari 2023 - 11:07
Hujan Deras di Gunungkidul Menyebabkan Tanah Longsor

wartapenanews.com  - Hujan deras yang mengguyur Gunungkidul, Kamis (2/2/2023) malam memicu beberapa bencana tanah longsor. Hujan yang mulai pukul 19.00 WIB mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik. Tak hanya itu,

02
|
3 Februari 2023 - 10:06
Anggota DPRD Pekalongan Ditangkap saat Pesan Sabu

wartapenanews.com  -  Seorang anggota DPRD Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berinisial JZ (53) ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. JZ ditangkap di rumah rekannya pada Minggu 29 Januari 2023 kemarin.

03