27 April 2024 - 06:27 6:27

Minta Libur Bayar Cicilan ke Leasing, Utang Driver Online Malah Nambah

WartaPenaNews, Jakarta – Pendapatan yang terus merosot karena pandemi Virus Corona, membuat para driver online baik taksi maupun ojek kesulitan membayar cicilan kendaraan kepada leasing. Mereka pun mengajukan permohonan libur bayar cicilan untuk periode yang ditentukan.

Namun kenyataan di lapangan, untuk mendapatkan keringanan itu tidak seringan janji yang diucapkan Presiden Joko Widodo sebelumnya. Yang mengatakan para ojek dan pengemudi daring bisa mendapatkan keringanan cicilan selama maksimal 1 tahun.

Sebab, ada perjanjian khusus lain yang harus disepakati para driver online untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Tidak hanya tenor cicilan yang semakin panjang, utang yang harus mereka bayar ke pihak leasing pun bertambah.

Ketua Asosiasi Driver Online (ADO) Wiwit Sudarsono mengungkapkan, informasi terbaru dari para anggotanya yang merupakan taksi online, penundaan cicilan mobil kini bisa dilakukan tanpa adanya biaya administrasi. Namun ada tapinya.

“Sedikit ada perubahan,” ungkapnya pada Selasa 14 April 2020.

Wiwit menjabarkan, selama periode tertentu yang telah ditetapkan selama 3,6 atau 9 bulan ke depan, driver online bisa libur bayar cicilan asalkan memberikan pernyataan tertulis kepada pihak leasing. Bahwa setelah periode libur itu berakhir, bersedia menerima ketentuan restrukturisasi pembiayaan atau perhitungan ulang utang yang ditetapkan leasing.

Baca juga: KPM PKH Terima Bansos Tiap Bulan untuk Lindungi Diri dari Covid-19

Salah satu ketentuan tersebut adalah penambahan jumlah angsuran yang harus dibayar setelah libur bayar cicilan itu berakhir. Artinya utang mereka pada akhirnya bertambah karena ketentuan itu.

Wiwit mengaku telah berkoordinasi dengan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia mengenai hal ini. Namun sejauh ini, ketentuan seperti itulah yang bisa diberikan leasing. Penerapannya pun belum merata di seluruh Indonesia.

“Itulah kebijakan tidak sesuai arahan pemerintah,” tambahnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03