10 May 2024 - 02:44 2:44

MotoGP Styria: Rookie Jorge Martin Asapi Joan Mir

MotoGP Styria: Rookie Jorge Martin Asapi Joan Mir

WartaPenaNews, Jakarta -  Rookie tim Pramac Racing Jorge Martin meraih kemenangan sesansionalnya musim ini di MotoGP. Martin finish di depan juara dunia Joan Mir dari tim Suzuki di Grand Prix Styria, Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (8/8) WIB.

Mir meraih hasil terbaiknya musim ini sebagai runner-up setelah finis 1,548 detik berselang, dan Fabio Quartararo melengkapi podium untuk mempertahankan posisi pemuncak klasemen.

Martin mengawali lomba dengan pole position keduanya musim ini, namun balapan kesepuluh di kalender itu harus dihentikan sementara setelah tiga lap menyusul insiden kecelakaan yang melibatkan Dani Pedrosa dan Lorenzo Savadori.

Pedrosa terjatuh ketika di Tikungan 3 dan mendapati motor KTM-nya dilindas motor Aprilia milik Savadori sehingga tabrakan tak terhindarkan hingga kedua motor terbakar.

tabrakan pedrosa-savadori
Motor Dani Pedrosa dan Lorenzo Savadori terbakar di tengah lintasan Sirkuit Red Bull Ring. (REUTERS/BORUT ZIVULOVIC)

Bendera merah dikibarkan dan para petugas berusaha memadamkan api dan membersihkan trek dari serpihan tabrakan, sementara Savadori harus ditandu untuk menjalani pemeriksaan medis kendati dinyatakan fit untuk melanjutkan balapan.

Pedrosa, yang mendapat jatah wildcard untuk KTM, lolos dari cedera serius dan kembali ke garasi KTM.

Setelah trek dibersihkan dari tumpahan oli dan serpihan tabrakan para pembalap start ulang dengan posisi grid semula, namun Maverick Vinales harus start dari jalur pit karena gagal menjalankan motornya untuk lap pemanasan.

Mir, yang start dari baris kedua, menjadi pengganggu para pembalap Ducati setelah Suzuki untuk pertama kalinya menyematkan alat pengatur ketinggian motor di tunggangan sang juara dunia.

Berkat alat tersebut, Mir mampu membawa motor GSX-RR lebih stabil di trek dan bertarung untuk posisi teratas sejak awal balapan.

Sang pembalap Spanyol mampu merangsek ke posisi kedua namun tertahan di belakang Martin hingga balapan usai. Ini merupakan podium kedua kali bagi Martin musim ini, setelah finis P3 di Qatar pada awal musim.

Jack Miller sedang berupaya mengejar podium di belakang Quartararo namun pembalap Australia itu melakukan kesalahan di Tikungan 7 sehingga terjatuh dan harus pulang ke garasi dengan dengan frustrasi.

Pembalap tim KTM Brad Binder membuat kejutan di pengujung lomba, mencuri posisi finis P4 di saat pebalap tim Pramac Racing Johann Zarco melorot ke P6 di belakang Takaaki Nakagami dari tim LCR Honda.

Alex Rins membawa Suzuki kedua ke P7, mengalahkan juara dunia delapan kali Marc Marquez dan Francesco Bagnaia, yang harus puas finis P9 setelah sempat memimpin lomba sebelum restart.

Akan tetapi Bagnaia harus diganjar penalti tiga detik karena mengabaikan penalti long lap sehingga posisinya melorot ke P11, membuat Alex Marquez naik ke P9 dan Pedrosa melengkapi sepuluh besar.

Juara GP Styria tahun lalu Miguel Oliveira gagal finis karena mengalami masalah teknis dengan motor KTM-nya.

Cal Crutchlow kembali membalap, setelah memutuskan pensiun di akhir musim lalu, menggantikan pebalap tim Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli yang sedang memulihkan diri dari cedera untuk tiga balapan.

Valentino Rossi, yang memutuskan rencana pensiunnya pada pertengahan pekan ini, membawa pulang tiga poin di P13.

Dengan hasil itu Quartararo bertahan di puncak klasemen pebalap sementara dengan koleksi 172 poin, sedangkan Zarco masih membayangi di peringkat dua dengan margin 30 poin.

Mir di peringkat tiga dengan koleksi 121 poin setelah sepuluh balapan.

MotoGP akan kembali digelar di Red Bull Ring, yang menjadi tuan rumah dua balapan beruntun musim ini, dengan GP Austria pekan depan.

Hasil Balapan
1 Jorge Martin Pramac Ducati 38 menit 7,879 detik
2 Joan Mir Suzuki Ecstar +1,548 detik
3 Fabio Quartararo Monster Yamaha +9,632 detik
4 Brad Binder Red Bull KTM +12,771 detik
5 Takaaki Nakagami LCR Honda +12,923 detik
6 Johann Zarco Pramac Ducati +13,031 detik
7 Alex Rins Suzuki Ecstar +14,839 detik
8 Marc Marquez Repsol Honda +17,953 detik
9 Alex Marquez LCR Honda +19,059 detik
10 Dani Pedrosa Red Bull KTM +19,389 detik
11 Francesco Bagnaia Ducati Team +21,667 detik
12 Enea Bastianini Avintia Ducati +25,267 detik
13 Valentino Rossi Petronas Yamaha +26,282 detik
14 Luca Marini Sky VR46 Avintia Ducati +27,492 detik
15 Iker Lecuona KTM Tech3 +31,076 detik
16 Pol Espargaro Repsol Honda +31,150 detik
17 Cal Crutchlow Petronas Yamaha +40,408 detik
18 Danilo Petrucci KTM Tech3 +48,114 detik
19 Maverick Viñales Monster Yamaha +63,149 detik
Jack Miller Ducati Team DNF
Miguel Oliveira Red Bull KTM DNF
Aleix Espargaro Aprilia Gresini DNF
Lorenzo Savadori Aprilia Gresini DNS

(wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
9 May 2024 - 16:32
Helm Keramat Berusia 2.500 Tahun Ditemukan

WARTAPENANEWS.COM – Helm logam berusia 2.500 ditemukan di situs arkeologi Gomile, Kroasia. Meski ditaksir sudah berumur ribuan tahun, kondisi helm itu masih sangat bagus. Melansir Live Science, Kamis (9/5/2024), para

01
|
9 May 2024 - 16:15
Ilmuwan China Menciptakan Virus Mutan Ebola

WARTAPENANEWS.COM – Ilmuwan China telah merekayasa virus mengandung Ebola di laboratorium. Hasilnya, virus tersebut bisa menimbulkan gejala mengerikan saat menginfeksi dan membunuh hamster. Virus mutan Ebola ini diciptakan oleh para

02
|
9 May 2024 - 15:39
Usai Pesta Miras, Pemuda di Bogor Tusuk Emak-emak

WARTAPENANEWS.COM – Polisi telah menaikkan status hukum pemuda berinisial T yang melakukan penusukan kepada emak-emak di Kota Bogor. Kini, T sudah ditetapkan polisi sebagai tersangka. "Sudah dinaikan menjadi tersangka," kata

03