30 Januari 2023 - 15:11 15:11
728x90

Nobar di Lokasi Debat Bakal Ditiadakan

WartaPenaNews, Jakarta – Rapat evaluasi debat Capres kedua yang berlangsung Rabu (20/2) kemarin, menghasilkan sejumlah masukan. Mulai dari ditiadakannya nonton bareng para pendukung paslon di lokasi debat, sampai pengurangan tamu undangan baik dari tim sukes 01 maupun 02.

Usai rapat di Kantor Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Menteng Jakarta Pusat, Komisioner Wahyu Setiawan membeberkan, jika penonton yang berada di dalam ruangan debat masih dibatas wajar. Yang cukup mengkhawatirkan adalah pendukung paslon yang nonton bareng yang masih berada di lokasi debat.

Nobar yang sebelumnya ada di lokasi debat merupakan usulan dari kedua paslon dan difasilitasi KPU. Untuk mengurangi risiko, KPU mengusulkan agar pada debat ketiga nobar yang difasilitasi KPU ditiadakan. Meskipun usulan tersebut belum disetujui oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02.

“Apakah kegiatan nobar itu masih perlu diadakan atau ditiadakan. Nah masih ada opsi itu. Mari kita mengkaji bersama-sama plus dan minusnya. Sebab sebenarnya kegiatan Nobar itu kan sudah dilakukan oleh kelompok masyarakat. Tanpa harus difasilitasi pun sebenarnya kelompok masyarakat itu sampai ke daerah sudah melakukan nobar itu sehingga sebenarnya tidak terlalu relevan kami melakukan fasilitasi kegiatan nobar di dekat area debat,” paparnya, Rabu (20/2).

“Pada rapat lanjutan, ada atau tidaknya nobar di lokasi debat akan diputuskan. Kami rekomendasikan ditiadakan untuk mengurangi risiko. Toh, kenapa pertimbangan kita begitu. Bukan berarti kami melarang nobar. Tidak ya. Kami hanya meniadakan fasilitas nobar itu,” bebernya.

Selain nobar, KPU juga memastikan jika dibelakang kandidat tidak ada lagi audiens. Bahkan penonton yang berada di ruangan debat juga diwacanakan ada pengurangan. Banyak suara gaduh saat debat berlangsung. KPU menilai moderator dalam memandu jalannya debat juga sering terganggu.

Sehingga salah satunya yakni kami merekomendasikan, audiens yang diundang dalam debat akan kami kurangi. Nah hanya pengurangan sampai berapa orang itu belum disepakati,” imbuhnya.

“Hanya kami rekomendasikan soal ketertiban, kenyamanan bersama, untuk menghindari hal-hal yang gak diinginkan, maka KPU merekomendasikan audiens dikurangi jumlahnya,” terang Wahyu.

KPU juga akan memberikan panduan kepada para pendukung dalam melakukan yel-yel. Yel harus dilakukan untuk memantik semangat. “Tetapi yel itu tidak provokatif dan tidak menyerang pihak lain. Tapi nanti yel-yel itu kami arahkan untuk menyemangati kandidat masing-masing tanpa harus menyerang kepada pihak lain. Jadi menyemangati kepada kandidat yang didukungnya,” tambahnya. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
30 Januari 2023 - 12:09
Netanyahu Permudah Israel untuk Tembak Orang Palestina

wartapenanews.com - Rencana Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk mempermudah warganya memperoleh senjata api mengingatkan kekhawatiran akan kekerasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur sejak

01
|
30 Januari 2023 - 11:06
Mobil Sebar Duit, Warga Jombang Berebut Ambil Uang

wartapenanews.com - Jalan yang ada di Dusun Watudakon, Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, mendadak heboh. Tampak sejumlah warga berdiri di pinggir jalan kampung, seperti menunggu kedatangan seseorang. Tidak menunggu

02
|
30 Januari 2023 - 10:06
Arema FC Pertimbangkan Bubarkan Diri karena Tak Diterima Pendukungnya Sendiri

wartapenanews.com -  Klub Arema FC nampak sudah gerah dengan beberapa penolakan dan aksi ricuh dari pendukungnya sendiri di Tanah Air. Akibatnya manajemen mempertimbangkan untuk membubarkan tim menyusul situasi yang tak

03