26 May 2024 - 03:01 3:01

Ombudsman Bentuk Tim Guna Memeriksa Rekam Biometrik

WartaPenaNews, Jakarta – Komisi Ombudsman RI akan segera menerjunkan tim guna melakukan investigasi perekaman biometrik yang dilaksanakan oleh Visa Facilitation Service (VFS) Tasheel. Tim ini diterjunkan guna menemukan ada atau tidak pelanggaran dalam menjalankan rekam biometrik.

Kepala Keasistenan Tim 7 Ombudsman, Ahmad Sobirin mengatakan, setelah Obudsman RI melakukan investigasi dan penelitian maka akan segera memanggil para pihak yang terkait dengan Tasheel.

“Salah satunya kami akan mengundang beberapa pihak mungkin nanti ada Kementerian Agama, BKPM dan berapa pihak terkait lainnya,” kata Ahmad Sobirin usai bertemu dengan sejumlah pengurus Patuhi mengadukan di kantor Ombudsman RI, Jakarta, Senin (25/2/2019).

Menurutnya, pihaknya merasa perlu memanggil para pihak yang terkait dengan Tasheel untuk mendapat informasi yang komprehensif selain apa yang telah disampaikan Patuhi. “Apa saja yang sebenarnya ada di dalam dokumen-dokumen terkait itu, nanti baru kami bisa simpulkan,” ujarnya.

Ia menambahka, Ombudsman telah memperhatikan sejak lama bagaimana masalah rekam biometrik yang dilakukan Tasheel menjadi polemik di masyarakat.

Ahmad berharap sebelum Ombudsman menerjunkan tim Tasheel segera melakukan perbaikan terhadap layanan proses rekam biometrik. Sehingga masyarakat yang memohon rekam biometrik di kantor-kantor Tasheel tidak mendapat kesulitan di lapangan.

“Jika ada hal-hal yang kira-kira jamaah masih merasa dipersulit atau pelayanannya masih susah diakses kami harap agar dipermudah oleh para pihak yang menyelenggarakan daripada perekaman biometrik tersebut,” katanya.

Ahmad mengatakan, Ombudsman RI menyambut baik upaya Patuhi, bahwa kepentingan penyelenggaraan dan pelayanan umroh itu harus semakin baik dan mempermudah masyarakat dalam mengurus semua keperluan ibadah umrah.

Menurutnya, salahsatu yang mesti diperbaiki adalah adanya kebijakan mewajibkan rekam biometrik bagi calon jamaah umroh sebelum keluar visa, yang dinilai menyulitkan jamaah. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 May 2024 - 12:41
Terjadi Lagi, Bus Rombongan Study Tour Alami Kecelakaan di Sumsel

WARTAPENANEWS.COM – Kecelakaan bus rombongan study tour kembali terjadi, kali ini dialami oleh bus membawa rombongan study tour Sekolah Dasar (SD) yang diduga dari Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Sumatera

01
|
25 May 2024 - 11:38
Di Wilayah Ini, Kendaraan Tanpa Pelat Nomor Makin Marak

WARTAPENANEWS.COM –  Kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil tanpa pelat nomor (TNKB) kembali marak di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ironisnya, para pengemudi kendaraan ini rata-rata mengemudi secara ugal-ugalan

02
|
25 May 2024 - 10:39
Makin Meluas, Ada 47 RT di Jakarta yang Terendam Banjir

WARTAPENANEWS.COM – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (24/5), menimbulkan genangan dan banjir di sejumlah wilayah, Sabtu (25/5). BPBD DKI melaporkan, banjir siang ini meluas hingga ke

03