7 Februari 2023 - 08:19 8:19

Ombudsman Bentuk Tim Guna Memeriksa Rekam Biometrik

WartaPenaNews, Jakarta – Komisi Ombudsman RI akan segera menerjunkan tim guna melakukan investigasi perekaman biometrik yang dilaksanakan oleh Visa Facilitation Service (VFS) Tasheel. Tim ini diterjunkan guna menemukan ada atau tidak pelanggaran dalam menjalankan rekam biometrik.

Kepala Keasistenan Tim 7 Ombudsman, Ahmad Sobirin mengatakan, setelah Obudsman RI melakukan investigasi dan penelitian maka akan segera memanggil para pihak yang terkait dengan Tasheel.

“Salah satunya kami akan mengundang beberapa pihak mungkin nanti ada Kementerian Agama, BKPM dan berapa pihak terkait lainnya,” kata Ahmad Sobirin usai bertemu dengan sejumlah pengurus Patuhi mengadukan di kantor Ombudsman RI, Jakarta, Senin (25/2/2019).

Menurutnya, pihaknya merasa perlu memanggil para pihak yang terkait dengan Tasheel untuk mendapat informasi yang komprehensif selain apa yang telah disampaikan Patuhi. “Apa saja yang sebenarnya ada di dalam dokumen-dokumen terkait itu, nanti baru kami bisa simpulkan,” ujarnya.

Ia menambahka, Ombudsman telah memperhatikan sejak lama bagaimana masalah rekam biometrik yang dilakukan Tasheel menjadi polemik di masyarakat.

Ahmad berharap sebelum Ombudsman menerjunkan tim Tasheel segera melakukan perbaikan terhadap layanan proses rekam biometrik. Sehingga masyarakat yang memohon rekam biometrik di kantor-kantor Tasheel tidak mendapat kesulitan di lapangan.

“Jika ada hal-hal yang kira-kira jamaah masih merasa dipersulit atau pelayanannya masih susah diakses kami harap agar dipermudah oleh para pihak yang menyelenggarakan daripada perekaman biometrik tersebut,” katanya.

Ahmad mengatakan, Ombudsman RI menyambut baik upaya Patuhi, bahwa kepentingan penyelenggaraan dan pelayanan umroh itu harus semakin baik dan mempermudah masyarakat dalam mengurus semua keperluan ibadah umrah.

Menurutnya, salahsatu yang mesti diperbaiki adalah adanya kebijakan mewajibkan rekam biometrik bagi calon jamaah umroh sebelum keluar visa, yang dinilai menyulitkan jamaah. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Presiden Rusia Vladimir Putin
Pasok Tank untuk Ukraina, Putin Ancam Jerman Pakai Nuklir
film
Deretan Film Semi China Terbaik
satu 1
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
6 Februari 2023 - 12:17
Diduga Sebabkan Gagal Ginjal, BPOM Setop Sementara Produksi-Distribusi Obat Sirop

wartapenanews.com - Dua anak di Jakarta dilaporkan mengidap Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada awal Februari 2023, setelah kasus serupa tak ditemukan sejak Desember 2022. Satu meninggal dan satu

01
|
6 Februari 2023 - 11:08
Ecky Kuras Harta Senilai 1,1 Miliar, Usai Bunuh dan Mutilasi Angela

wartapenanews.com - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya mengungkapkan tersangka M Ecky Listiantho (34) atau MEL menguras harta korban usai melakukan pembunuhan terhadap Angela Hindriati (54) atau AHW

02
|
6 Februari 2023 - 10:11
Gempa 7,8 Magnetudo Robohkan Bangunan di Turki

wartapenanews.com -  Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 magnitudo menggetarkan Provinsi Osmaniye di Turki, pada Senin (6/2). Getaran gempa terasa hingga negara tetangganya, Suriah, dan berlangsung pada pagi buta — ketika

03