29 Januari 2023 - 07:03 7:03
728x90

Pakar ICMI: KPU ‘Konyol’ Jika Penyampaian Visi Misi Capres Ditiadakan

WartaPenaNews, Jakarta – Dewan Pakar Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pusat Anton T. Digdoyo merasa aneh dengan ditiadakannya penyampaian visi misi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di acara debat pasangan capres/cawapres 2019.

“Visi misi itu penting dalam tingkat apapun. Undang-undang pun mengamanahkan calon pemimpin harus sampaikan visi misi untuk memajukan institusi yang akan dipimpinnya,” kata Anton dalam keterangannya, Jumat (11/1/2019).

Ia menambahkan, penyampaian visi misi bagi seorang kandidat capres dan cawapres sangat penting dilaksanakan, seperti berlaku pada pemilihan calon Kapolri dan calon Panglima TNI yang berlangsung di DPR RI. Apalagi bagi pasangan capres yang akan memimpin NKRI yang sangat besar ini.

“Yang lebih aneh lagi, KPU akan mengirim daftar pertanyaan pada capres cawapres sebelum debat Pilpres. Kalau caranya begini tak ada guna nilai kecerdasan calon karena jawaban paslon dipastikan tidak otentik dari pikiran visi misinya,” sambung Anton.

Mantan Spri Presiden Soeharto ini membandingkan proses pemilu Indonesia dengan yang terjadi di negara lain. Kata Anton, di negara lain pertanyaan dalam debat capres sangat tabu dibocorkan, apalagi diberikan lebih dulu.

Pernah terjadi ada skandal pembocoran materi pertanyaan debat kandidat presiden dalam penjaringan di Partai Demokrat AS dan itu membuat Ketua Komite Nasional Partai Demokrat (DNC), Donna Brazile menundurkan diri,” kata Anton.

Ia pun mengingatkan KPU ahar tidak menuruti kemauan paslon, tapi sebaliknya KPU yang harus ditaati oleh paslon. “Penghapusan papar visi misi dan pengiriman mareri soal debat capres sebelum acara debat adalah konyol paling konyol yang harus dibatalkan oleh KPU,” tegas mantan jendral Polri ini. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Ketua Komite Yudisial Asprov PSSI Sulut Dorong Devanda Aditya Putra Jadi Sekjen PSSI

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
28 Januari 2023 - 21:36
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak

wartapenanews.com -  " Saat dunia krisis energi tak terbaharukan, sejumlah kebijakan dan upaya dilakukan pemerintah dan staken holder dengan menghadirkan alternatif energi alam yang ramah lingkungan. Energi alam terbaharukan ini

01
|
28 Januari 2023 - 21:31
Rayakan Hari jadi ke 110 Tahun Sharp Gaungkan Kampaye Pelestarian Lingkungan ke Siswa Sekolah

wartapenanews.com - Berdasarkan data yang dikutip dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, selama tahun 2022 volume sampah di Indonesia mencapai 17.729.071 sampah per tahunnya. Sebesar 18,3%-nya adalah sampah plastik. Saat

02
|
28 Januari 2023 - 12:40
Biaya Haji Naik Jangan Panik, Arrum Haji Pegadaian Jadi Solusi Wujudkan Niat Baik

wartapenanews.com -  Usulan kenaikan biaya haji tengah menjadi perbincangan publik. Tak hanya memakan waktu tunggu keberangkatan yang semakin lama, melainkan biaya haji yang nyaris naik dua kali lipat dibandingkan tahun

03