10 May 2024 - 13:42 13:42

Paus Fransiskus Kutuk Pembantaian di Bucha

wartapenanews.com – Paus Fransiskus mengutuk pembantaian yang terjadi di Bucha, Ukraina. Ia bahkan mencium bendera Ukraina yang dibawa langsung dari tempat para korban yang diduga diserang pasukan Rusia.

“Berita terbaru dari perang di Ukraina, bukannya membawa kelegaan dan harapan, malah membawa kekejaman baru, seperti pembantaian Bucha,” kata Paus Fransiskus dalam audiensi umum di Vatikan, dikutip Reuters, Kamis (7/4).

Fransiskus meminta perang Rusia-Ukraina segera dihentikan, terlebih banyak warga sipil, wanita, hingga anak-anak yang menjadi korban.

“Hentikan perang ini! Biarkan senjata diam! Berhentilah menabur kematian dan kehancuran,” tegas dia.
Bendera Ukraina dengan warna cenderung gelap itu dibawa kepadanya dari Bucha pada Selasa (5/4) lalu.

Fransiskus pun menciumnya, kemudian mengangkat bendera tersebut dan disambut tepuk tangan dari para hadirin.

“Itu berasal dari perang, tepatnya dari kota yang mati syahid itu, Bucha,” sebut Fransiskus.

Hadir pula sekelompok anak-anak pengungsi perang dari Ukraina dalam audiensi tersebut. Paus pun meminta mereka naik ke atas panggung untuk bertemu dengannya.

“Anak-anak ini harus melarikan diri untuk tiba di tanah yang aman. Ini adalah buah dari perang. Jangan lupakan mereka dan jangan lupakan rakyat Ukraina,” pinta dia.

Dalam pidato audiensi, ia sempat menyinggung mengenai periode pasca Perang Dunia Kedua, terutama dalam perang yang terjadi di Ukraina, serta menyoroti lemahnya peran Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Dalam perang di Ukraina, kita menyaksikan ketidakberdayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa,” ujarnya.

Fransiskus juga mempertimbangkan kunjungan ke Kiev saat melakukan perjalanan ke Malta pada akhir pekan lalu. Secara implisit, ia mengkritik Presiden Rusia Vladimir Putin atas invasi ke Ukraina dengan mengatakan seorang ‘penguasa’ mengobarkan konflik untuk kepentingan nasionalis. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
10 May 2024 - 12:34
Di Pilgub Jatim, Khofifah Ingin Berpasangan Lagi dengan Emil Dardak

WARTAPENANEWS.COM – PAN menyatakan kesiapannya mendukung penuh Khofifah Indar Parawansa untuk kembali maju di Pilgub Jatim 2024. Khofifah ingin kembali maju Pilgub Jatim berpasangan dengan wakilnya, Emil Elestianto Dardak atau Emil

01
|
10 May 2024 - 10:51
Pedangdut Senior Jhonny Iskandar Tutup Usia

WARTAPENANEWS.COM – Pedangdut senior Jhonny Iskandar meninggal dunia di usia 63 tahun, pada Jumat (10/5/2024). Kabar duka tersebut dikonfirmasi oleh Dewi, salah satu keponakan sang pedangdut. "Iya, Jhonny Iskandar sudah

02
|
10 May 2024 - 09:15
Libur Panjang, 15.574 Orang Kunjungi Gunungkidul

WARTAPENANEWS.COM –  Hari pertama long weekend atau libur panjang, Kamis 9 Mei 2024 kemarin, sebanyak 15.574 orang berkunjung ke Gunungkidul. Dinas Pariwisata setempat mencatat kawasan Pantai Baron hingga Watulawang masih

03