30 Januari 2023 - 15:51 15:51
728x90

Pede Menurun karena Bau Mulut? Ini Cara Hilangkannya

WartaPenaNews, Jakarta – Bau mulut sering membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Dari beberapa kasus, bau mulut ini dianggap sangat mengganggu dalam aktivitas sehari-hari, baik di lingkungan kantor maupun di rumah. Lantas, bagaimana cara menghilangkannya?

Dilansir Alodokter, Dokter Fita Fitria Ayu mengatakan jika bau yang tidak sedap dari mulut seseorang disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya pada kesehatan gigi atau mulut itu sendiri.

“Bau tidak sedap dapat disebabkan oleh masalah pada mulut dan gigi seperti gigi berlubang, plak pada gigi, kotoran di lidah yang jarang dibersihkan, dan beberapa masalah gigi mulut lainnya seperti peradangan gusi, mulut kering, dehidrasi, dan lainnya,” kata Fita.

Menurut dokter Fita, mulut manusia merupakan tempat paling banyak mengandung bakteri setelah usus manusia, sehingga apabila kebersihannya tidak terjaga, berbagai masalah pun akan timbul, termasuk bau mulut.

“Berbagai faktor resiko dapat menyebabkan timbulnya bau mulut dan mengakibatkan rasa tidak nyaman dan tidak percaya diri dengan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Produksi air liur yang berlebihan dapat dipicu oleh makanan maupun infeksi di rongga mulut. Keluarnya air liur beserta bakteri bakteri yang terkandungnya memicu bau mulut dapat terjadi di dalam mulut.

Untuk membantu mengurangi bau mulut tersebut, dokter Fita menyarankan beberapa hal di antaranya rajin menyikat gigi minimal 2 kali sehari, berkumur dengan Mouthwash, sikat gigi sebelum tidur, dan membersihkan lidah dengan alat pembersih lidah.

“Hindari juga makanan yang berbau tajam dan dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang, petai, rempah, dll. Cukupi kebutuhan air putih, istirahat yang cukup. Hindari stress dan kelelahan juga hindari rokok dan konsumsi alkohol,” imbuhnya.

Namun apabila keluhan tidak kunjung mereda, dokter Fita menganjurkan agar segera mengunjungi dokter terdekat guna mendapatkan saran pengobatan dan penanganan secara langsung.

“Silakan diperiksa ke dokter terdekat apabila masih terjadi,” pungkas Fita. (dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
30 Januari 2023 - 12:09
Netanyahu Permudah Israel untuk Tembak Orang Palestina

wartapenanews.com - Rencana Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk mempermudah warganya memperoleh senjata api mengingatkan kekhawatiran akan kekerasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur sejak

01
|
30 Januari 2023 - 11:06
Mobil Sebar Duit, Warga Jombang Berebut Ambil Uang

wartapenanews.com - Jalan yang ada di Dusun Watudakon, Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, mendadak heboh. Tampak sejumlah warga berdiri di pinggir jalan kampung, seperti menunggu kedatangan seseorang. Tidak menunggu

02
|
30 Januari 2023 - 10:06
Arema FC Pertimbangkan Bubarkan Diri karena Tak Diterima Pendukungnya Sendiri

wartapenanews.com -  Klub Arema FC nampak sudah gerah dengan beberapa penolakan dan aksi ricuh dari pendukungnya sendiri di Tanah Air. Akibatnya manajemen mempertimbangkan untuk membubarkan tim menyusul situasi yang tak

03