28 February 2024 - 00:51 0:51

Pede Menurun karena Bau Mulut? Ini Cara Hilangkannya

WartaPenaNews, Jakarta – Bau mulut sering membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Dari beberapa kasus, bau mulut ini dianggap sangat mengganggu dalam aktivitas sehari-hari, baik di lingkungan kantor maupun di rumah. Lantas, bagaimana cara menghilangkannya?

Dilansir Alodokter, Dokter Fita Fitria Ayu mengatakan jika bau yang tidak sedap dari mulut seseorang disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya pada kesehatan gigi atau mulut itu sendiri.

“Bau tidak sedap dapat disebabkan oleh masalah pada mulut dan gigi seperti gigi berlubang, plak pada gigi, kotoran di lidah yang jarang dibersihkan, dan beberapa masalah gigi mulut lainnya seperti peradangan gusi, mulut kering, dehidrasi, dan lainnya,” kata Fita.

Menurut dokter Fita, mulut manusia merupakan tempat paling banyak mengandung bakteri setelah usus manusia, sehingga apabila kebersihannya tidak terjaga, berbagai masalah pun akan timbul, termasuk bau mulut.

“Berbagai faktor resiko dapat menyebabkan timbulnya bau mulut dan mengakibatkan rasa tidak nyaman dan tidak percaya diri dengan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Produksi air liur yang berlebihan dapat dipicu oleh makanan maupun infeksi di rongga mulut. Keluarnya air liur beserta bakteri bakteri yang terkandungnya memicu bau mulut dapat terjadi di dalam mulut.

Untuk membantu mengurangi bau mulut tersebut, dokter Fita menyarankan beberapa hal di antaranya rajin menyikat gigi minimal 2 kali sehari, berkumur dengan Mouthwash, sikat gigi sebelum tidur, dan membersihkan lidah dengan alat pembersih lidah.

“Hindari juga makanan yang berbau tajam dan dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang, petai, rempah, dll. Cukupi kebutuhan air putih, istirahat yang cukup. Hindari stress dan kelelahan juga hindari rokok dan konsumsi alkohol,” imbuhnya.

Namun apabila keluhan tidak kunjung mereda, dokter Fita menganjurkan agar segera mengunjungi dokter terdekat guna mendapatkan saran pengobatan dan penanganan secara langsung.

“Silakan diperiksa ke dokter terdekat apabila masih terjadi,” pungkas Fita. (dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 February 2024 - 12:12
Ini Penyebab Sakit Kepala karena Sering Begadang

WARTAPENANEWS.COM  -  Terlalu asik mengerjakan sesuatu terkadang membuat Anda lupa waktu untuk beristirahat. Kerap kali waktu tidur di malam hari dimanfaatkan untuk begadang menyelesaikan beberapa pekerjaan atau sekadar asik berselancar

01
|
27 February 2024 - 11:08
Rumah Warga di Cilodong Kebakaran

WARTAPENANEWS.COM  - Sebuah rumah di Perumahan Taman Cimanggis Indah, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, kebakaran, pada Senin 26 Februari 2024, sekira pukul 23.55 WIB. Kasi Penyelamatan Dinasb Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

02
|
27 February 2024 - 10:13
Pemkot Depok Tutup JPO di Taman SeCawan untuk Sementara

WARTAPENANEWS.COM  - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menutup sementara jembatan penyebrangan orang (JPO) yang ada di Taman SeCawan Jalan Salak, Depok Jaya, Pancoran Mas,

03