7 Februari 2023 - 08:15 8:15

Pemerintah Dorong Ekspor Durian Tembus Pasar Eropa

WartaPenaNews, Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan produksi volume ekspor durian. Salah satunya di daerah Pandeglang, Banten, Jawa Barat.

Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi mengatakan, durian Pandeglang memiliki peluang yang sangat besar untuk terus ditingkatkan produksi dan volume ekspornya. “Pengembangan durian Pandeglang sangat diperlukan. Kuncinya pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pelaku usaha harus bersinergi membantu petani,” ujar Suwandi di Pandeglang, Sabtu (2/2).

Berdasarkan data BPS, produksi dan ekspor durian setiap tahun mengalami kenaikan. Produksi pada 2017 mencapai 795 ton dan ekspornya sebesar 240 ton. Di tahun 2018, produksi dan ekspor durian mengalami kenaikan yang cukup drastis yakni produksinya sebesar 819.654 ton dan eksppor 1.086 ton.

“Durian asal Indonesia telah menembus banyak negara seperti pasar Hongkong, China, Malaysia, Vietnam, Singapura, Saudi Arabia hingga Belanda,” terangnya.

Melansir data BPS, sebelumnya neraca perdagangan durian defisit, namun 2018 sudah surplus. Ekspornya lebih tinggi 700 ton dibandingkan impor. “Artinya, Indonesia boleh dikatakan eksportir durian,” sebut dia.

Lanjut Suwandi, langkah nyata untuk meningkatkan terus volume ekspor tahun ini dan ke depannya, yakni selain melalui program di sektor hulu, juga menjamin sektor hilirnya.

“Kementan juga memberikan karpet merah untuk durian lokal mendapatkan label atau izin sebagai varietas unggul baru. Untuk mempermudah izin ekspor, Kementan telah menerapkan sistem Online Single Submission (OSS),” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengajak masyarakat Pandeglang untuk meningkatkan tanaman buah sekaligus menjaga kualitas buah tetap nomor satu.

“Pemerintah daerah berkomitmen terus membantu petani. Sentra produksi durian di Kabupaten Pandeglang tersebar di Kecamatan Kaduhejo, Majasari, Cadasari, Mandalawangi, dan Carita. Harga durian sangat ini menguntungkan, berkisar Rp 30.000 hingga Rp 65.000 per butir,” tambah Suwandi.

Pemerhati pertanian, Juli Yulianto mengatakan, adanya ekspor durian menunjukkan bahwa produk dalam negeri mampu bersaing dengan produk dari luar negeri. Apalagi selama ini durian yang banyak dikenal adalah durian monthong dari Thailand.

“Jika melihat potensi dan jenis durian di dalam negeri cukup banyak, bahkan dari sisi rasa tidak kalah dengan durian impor. Sebut saja, durian Medan, durian Petruk dari Jepara dan durian bawor dari Banyumas. Ada juga jenis durian yang banyak berkembang di Kalimantan, Pandeglang dan daerah lain di Indonesia,” kata Juli, Minggu (3/2).

“Artinya potensi pengembangan durian di dalam negeri sangat besar. Jadi kalau memang durian dalam negeri mampu menembus pasar ekspor justru membuktikan bisa bersaing di pasar internasional. Sama juga dengan produk buah lainnya, seperti salak, manggis dan mangga yang juga sudah di ekspor,” ujarnya lagi. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Presiden Rusia Vladimir Putin
Pasok Tank untuk Ukraina, Putin Ancam Jerman Pakai Nuklir
film
Deretan Film Semi China Terbaik
satu 1
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
6 Februari 2023 - 12:17
Diduga Sebabkan Gagal Ginjal, BPOM Setop Sementara Produksi-Distribusi Obat Sirop

wartapenanews.com - Dua anak di Jakarta dilaporkan mengidap Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada awal Februari 2023, setelah kasus serupa tak ditemukan sejak Desember 2022. Satu meninggal dan satu

01
|
6 Februari 2023 - 11:08
Ecky Kuras Harta Senilai 1,1 Miliar, Usai Bunuh dan Mutilasi Angela

wartapenanews.com - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya mengungkapkan tersangka M Ecky Listiantho (34) atau MEL menguras harta korban usai melakukan pembunuhan terhadap Angela Hindriati (54) atau AHW

02
|
6 Februari 2023 - 10:11
Gempa 7,8 Magnetudo Robohkan Bangunan di Turki

wartapenanews.com -  Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 magnitudo menggetarkan Provinsi Osmaniye di Turki, pada Senin (6/2). Getaran gempa terasa hingga negara tetangganya, Suriah, dan berlangsung pada pagi buta — ketika

03