27 April 2024 - 22:02 22:02

Pencuri Laptop di Kereta Api Diringkus

WARTAPENANEWS.COM – Maling yang beraksi di gerbong kereta api berhasil ditangkap Polresta Yogyakarta. Maling berinisial MM (45) asal Gunungkidul itu beraksi di kereta api Mataram jurusan Cirebon-Stasiun Balapan Solo pada 15 Februari pukul 05.15 WIB.

Modus pelaku dengan meletakkan tas ransel besar di dekat korban. Dia lalu beraksi saat korban tertidur.

“Korban tertidur, beristirahat. Setelah bangun tas itu hilang,” kata Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Aditya Surya Dharma di Polsek Gedongtengen, Kamis (7/3).

Pencurian ini dilakukan saat kereta api berhenti di Stasiun Tugu Yogyakarta. Sementara, korban baru sadar setelah sampai Solo. Korban kemudian menghubungi petugas keamanan dan melaporkan kejadian ini ke Polsek Gedongtengen.

Polisi bersama petugas kereta api kemudian mengecek sejumlah CCTV termasuk di gerbong kereta. Hasil penyelidikan didapati orang yang dicurigai. Dia tampak menggunakan masker mengambil tas korban yang ditutupi dengan tasnya sendiri dengan jaket. Lalu turun Stasiun Tugu.

Dari situ diketahui pelaku adalah MM. Dia naik dari Stasiun Kutoarjo dan turun di Stasiun Tugu Yogyakarta. Pada 29 Februari akhirnya pelaku berhasil ditangkap di rumahnya di Kapanewon Rongkop, Gunungkidul.

“Pelaku mengakui perbuatannya. Yang diambil tas Alto berisi laptop HP warna putih, uang tunai Rp 3,5 juta, buku tabungan BRI, STNK Isuzu, STNK truk, pakaian-pakaian dan berkas-berkas lainnya,” katanya.

“Kita terapkan Pasal 362 tentang pencurian. Hal yang jarang terjadi pencurian di kereta api. Kerja sama yang baik sehingga kasus bisa terungkap dan pelaku cepat tertangkap,” jelasnya.
Pengakuan MM ke polisi, dia beraksi secara spontan. Begitu ada kesempatan dia kemudian mengambil laptop tersebut.

“Ada kesempatan ransel kosong timbul niat mengambil barang. Sementara spontan. Pelaku baru pertama kali ini pengakuannya,” jelasnya.

Deputi Pam Obvit dan Aset Kereta Api Daop 6 Sukardi yang hadir di Polsek Gedongtengen menegaskan semua gerbong dan sudut stasiun saat ini telah dilengkapi CCTV.

“Kita semua gerbong ada CCTV mulai masuk keluar ada. Ruangan semua pakai CCTV. Semua kejadian apa pun di kereta api bisa temukan. Yang penting ada 1, ada laporan,” kata Sukardi. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03