27 April 2024 - 01:09 1:09

Penentuan 1 Syawal, Observatorium Bosscha Lembang Amati Hilal Hari Ini

WartaPenaNews, Jakarta – Observatorium Bosscha di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat melaksanakan pengamatan hilal dalam rangka penentuan waktu Idul Fitri 1441 Hijriah. Direncanakan, tim Observatorium melakukan pengamatan hilal mulai Jumat, 23 Mei 2020 dari pagi hari hingga matahari terbenam di ufuk Barat.

Humas Observatorium Bosscha, Agus Triono PJ menerangkan, pengamatan hilal dilaksanakan di Lembang dengan meneliti ambang visibilitas (kenampakan) bulan. Pihaknya memastikan pengamatan internal hanya dihadiri oleh staf Observatorium Bosscha untuk mematuhi imbauan agar tidak berkegiatan yang melibatkan banyak orang dalam masa pandemi covid-19.

“Sebagai fungsi dari elongasi dan ketebalan sabit bulan, ?dan juga dalam rangka rukyatul hilal bulan Syawal 1441 H. Rukyatul hilal dilakukan pada sore hari dan deteksi sabit bulan dilakukan setelah matahari terbenam,” ujar Agus dalam keterangannya, Jumat, 22 Mei 2020.

Observatorium Bosscha setiap tahun menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal Ramadhan dan Syawal bagi Kementerian Agama Republik Indonesia dan masyarakat. “Rukyatul hilal dilakukan pada sore hari dan deteksi sabit bulan dilakukan setelah matahari terbenam. Sabit yang tampak setelah matahari terbenam ini disebut sebagai hilal,” ujarnya.

Untuk diketahui, pemerintah melalui Kementrian Agama berwenang dalam penentuan awal Ramadhan dan Syawal di Indonesia, melalui proses sidang itsbat. Tugas petugas Observatorium yaitu menyampaikan hasil perhitungan, pengamatan dan penelitian tentang hilal kepada unit pemerintah yang berwenang, jika diperlukan sebagai masukan untuk sidang isbat.

“Pengamatan dilakukan dengan menggunakan ?dua buah teleskop berukuran 106 mm dan 66 mm berjenis refraktor yang masing-masing dilengkapi detektor kamera berbasis CCD. Citra yang ditangkap oleh kamera kemudian diproses menggunakan perangkat pengolahan citra untuk meningkatkan tampilan? ?sabit bulan,” ujarnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03