29 April 2024 - 13:57 13:57

Pengiriman Makanan ke Gaza Utara Dihentikan karena Banyak Penjarahan dan Kekerasan

WARTAPENANEWS.COM  – Program Pangan Dunia (WFP) telah menghentikan pengiriman makanan yang menyelamatkan nyawa ke Gaza utara. Penghentian ini disebabkan karena konvoi bantuan telah mengalami kekacauan dan kekerasan akibat runtuhnya ketertiban sipil.

Badan tersebut mengatakan keputusan tersebut tidak diambil dengan mudah dan para kru menghadapi kerumunan orang, tembakan dan penjarahan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memperingatkan akan terjadinya kelaparan di wilayah utara sejak Desember 2023.

WFP mengatakan laporan-laporan terbaru ini adalah bukti adanya penurunan drastis kelaparan dan penyakit.

Militer Israel memerintahkan 1,1 juta warga sipil Palestina untuk mengungsi dari seluruh wilayah utara Wadi Gaza dan mencari perlindungan di selatan pada awal serangan darat pada bulan Oktober. Daerah evakuasi termasuk Kota Gaza yang sebelum perang merupakan daerah terpadat di wilayah tersebut.

Sebagian besar penduduk mengikuti perintah Israel, namun beberapa ratus ribu orang memilih untuk tetap tinggal atau tidak dapat melarikan diri ketika pasukan Israel mengepung wilayah tersebut dan kemudian mengambil alih sebagian besar benteng Hamas di sana.

Bulan lalu, badan PBB untuk pengungsi Palestina, Unrwa, mengatakan setidaknya 300.000 orang yang masih tinggal di Gaza utara bergantung pada bantuan mereka untuk kelangsungan hidup mereka.

Pengiriman bantuan ke wilayah utara sangat langka dan bergantung pada izin keamanan dari militer Israel.

Akhir pekan ini WFP berharap untuk memulai program bantuan selama seminggu, mengirimkan 10 truk setiap hari untuk membantu membendung gelombang kelaparan dan keputusasaan.

Namun pada Minggu (18/2/2024), ketika sebuah konvoi mendekati pos pemeriksaan Wadi Gaza dalam perjalanan ke utara, konvoi tersebut dikelilingi oleh kerumunan orang yang kelaparan. Banyak dari mereka yang berusaha naik ke truk untuk menjarah makanan. Kemudian ketika memasuki Kota Gaza, truk menghadapi tembakan, ketegangan tinggi dan kemarahan yang meledak-ledak.

Selain itu, beberapa truk yang melaju antara kota selatan Khan Younis dan pusat kota Deir al-Balah telah dijarah dan seorang pengemudinya dipukuli. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03