27 April 2024 - 14:41 14:41

Penyebab Dua Kubu Massa Pendemo MK Ricuh di Patung Kuda Monas

WARTAPENANEWS.COM – Dua kelompok massa yang berunjuk rasa di kawasan Patung Kuda Monas, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2024), bentrok. Mereka saling serang setelah saling ejek dan beradu mulut.

Kedua kelompok massa sama-sama berdemo Mahkamah Konstitusi (MK) menyusul dimulainya sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024. Hanya saja satu massa yang menolak hasil Pemilu 2024, satu lagi kelompok yang pro hasil pemilu. Mereka berdemo di sekitar Patung Kuda karena jalan menuju MK sudah diblokade aparat.

Pengamatan di lokasi, kericuhan dimulai dari saling ejek antarkedua kelompok massa dari masing-masing mobil orasi dengan tudingan massa bayaran.

“Kamu massa nasi bungkus yang dibayar Rp 100 ribu,” ujar orator dari speaker toa yang terpasang dari mobil orasi.

Aksi saling ejek tersebut berujung ricuh dan saling lempar batu.

Polisi yang mengawal aksi sempat berupaya mengamankan beberapa orang diduga provokator.

Namun kericuhan semakin menjadi-jadi pasalnya kubu dari yang berada di dekat pos kepolisian juga melemparkan batu ke arah massa di kubu dekat Kantor Pusat Indosat dan Gedung Sapta Pesona.

Aksi kericuhan tersebut terjadi selama kurang lebih 15 menit pada pukul 11.30 hingga 11.45 WIB. Pengendara yang mau melintas di Bundaran Patung Kuda harus berhenti karena kericuhan.

Aksi baru mulai mereda ketika polisi meminta masing-masing massa untuk tidak terprovokasi dan kembali ke lokasi demonstrasinya masing-masing.

Sementara di Gedung MK, sidang perdana PHPU atau sengketa Pilpres 2024 yang diajukan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sedang berlangsung.

Anies Baswedan turut hadir menyampaikan laporan dan sikapnya di depan delapan hakim MK.

Sementara salah satu kelompok massa yang berunjuk rasa di Patung Kuda meminta MK netral dalam menangani sengketa Pemilu 2024, jangan sampai ada cawe-cawe dari pemerintah. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03