20 May 2024 - 12:33 12:33

Persib Bandung Keok di Kandang PSM Makassar, Yaya Sunarya Mohon Maaf!

Persib Bandung Keok di Kandang PSM Makassar, Yaya Sunarya Mohon Maaf!

WartaPenaNews.Com –Pelatih sementara PERSIB, Yaya Sunarya menyampaikan permohonan maaf atas kekalahan 2-4 timnya dari PSM Makassar pada pertandingan pekan keempat Liga 1 2023/2024 di Stadion B.J. Hanibie Parepare, Sabtu 22 Juli 2023.

Ini menjadi kekalahan pertama maung Bandung pada musim ini. Atas hasil yng tidak diinginkan tersebut, Yaya pun meminta maaf kepada Bobotoh.

Menurut Yaya, setelah tertinggal 0-3 di babak pertama, para pemainnya mencoba bangkit di babak kedua dan berhsil mencetak dua gol balasan sehingga skor menjadi 2-3.

Namun, ketika sedang berusaha menyamakan skor, gawang Persib kembali kebobolan. Menurut Yaya, hal itu menjadi risiko dalam permainan sepkbola.

“Inilah sepakbola. Saat ingin menyamakan kedudukan, kita bisa berpotensi kemasukan. Saya minta maaf kepada Bobotoh atas hasil ini,” kata Yaya saat konferensi pers setelah pertandingan.

Tak lupa, Yaya juga menyampaikan apresiasi dn ucapan terima kasih atas kerja keras anak asuhnya dalam pertandingan tersebut. “Terutama saat situasi tertinggal,” ucapnya.

Persib tertinggal 0-3 pada babak pertama. Tiga gol dicetak Kenzo Nambu, Victor Dethan, dan Everton.

Persib sempat memperkecil ketertinggalan melalui gol Ciro dan Klok. Namun, PSM berhasil menambah keunggulan jelang laga berakhir melalui gol milik Harjito. Persib pun kalah 2-4 dari PSM

Jalannya Pertandingan

PSM Makassar sempat menceploskan bola ke gawang Persib pada menit keenam melalui sundulan Yuran Fernandes. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena Yuran lebih dulu dalam posisi offside.

Persib kemudian menyerang pada menit delapan melalui aksi individual Ciro Alves. Sayangnya, gerakan Ciro terbaca oleh pemain belakang PSM. Bola liar dari dari kaki Ciro itu kemudian disambar Beckham Putra. Namun, bola sepakan Beckham dari melambung tinggi di atas gawang PSM.

PSM berhasil unggul melalui tendangan keras Kenzo Nambu pada menit sembilan. Kenzo melesatkan tendangan keras dari luar kotak penalti. Teja Paku Alam tak mampu menghentikan tendangan keras Kenzo. PSM pun unggul 1-0.

Hingga menit 20, Persib selalu tertekan. Tak ada peluang berarti yang diciptakan Persib. PSM lebih mendominasi permainan ketimbang Persib.

Ciro Alves mendapatkan kartu kuning karena menginjak pemain PSM pada menit 21. Ciro sempat kaget dengan keputusan wasit.

Duet Ciro Alves dengan David da Silva mampu memberikan tekanan ke pertahanan PSM. Ciro yang mendapatkan umpan dari Beckham langsung mendorong bola ke sisi lapangan. Dan, Ciro memberikan umpan ke David, namun sundulan David masih mampu ditahan kiper.

PSM kembali menjebol gawang Persib pada menit 27. Pemain muda PSM Victor mendapatkan peluang dari bola liar antisipasi bola pojok. Victor langsung melesatkan tendangan dan tak mampu ditahan Teja. PSM unggul 2-0.

Pelatih PSM, Bernardo Tavares menarik Adilson yang cedera. Adilson digantikan Everton pada menit 29. Alberto melakukan pelanggaran terhadap Wiljan Pluim pada menit 33. Alberto pun diganjar kartu kuning.

PSM mencoba memperlebar ketertinggalan. Arfan melesatkan tendangan jarak jauh namun masih mampu diantisipasi Teja pada menit 38. Setelah Arfan, Yakon pun melakukan hal yang sama. Namun, tendangannya melenceng.

Akhirnya, Everton berhasil menambah keunggulan PSM pada menit 39. Alberto gagal menghadang Everton. Sedangkan Teja, telat maju. Everton dengan mudah mencuri bola dan menjebloskan gol ke gawang Persib.

Lagi, pemain Persib mendapatkan kartu kuning. Daisuke Sato melanggar Pluim pada menit 42 dan mendapatkan kartu kuning.

Jelang akhir laga, Kenzo melanggar Nick pada menit 45+1. Wasit pun memberikan kartu kuning kepada Kenzo. Hingga peluit panjang babak pertama dibunyikan, PSM tetap unggul 3-0 dari Persib.

Babak kedua:

Persib melakukan pergantian pemain pada babak kedua. Dedi Kusnandar digantikan Ezra Walian. Sementara itu, PSM juga mengganti Kenzo dengan Raehan Alief.

PSM nyaris menambah keunggulan melalui skema sepakan pojok. Bola antisipasi sepakan pojok itu memantul ke Pluim. Kemudian Pluim langsung menendang, namun bola melambung ke atas pada menit 47.

PSM kembali mendapatkan peluang. Kerja sama antara Pluim, Victor dan Yakob Sayori nyaris menambah keunggulan. Yakob melesatkan tendangan keras namun bola masih melambung tinggi pada menit 48.

Klok mencetak gol pada menit 59. Namun, gol Klok itu dianulir karena David da Silva lebih dulu dalam posisi offside. Persib gagal memperkecil ketertinggalan.

Caretaker Persib Yaya Sunarya kemudian menarik dua pemainnya, yakni Edo dan Beckham. Keduanya digantikan Robi Darwis dan Ryan Kurnia pada menit 60.

PSM nyaris menambah keunggulan pada menit 65. Yance Sayuri memberikan umpan kepada Yuran Fernandes di depan gawang Persib. Namun, Yuran gagal mengeksekusi.

Putu Gede melakukan pelanggaran pada meni 66. Pemain asal Bali itu pun diganjar kartu kuning. Setelah Putu Gede, wasit kemudian memberikan kartu kuning kepada pemain PSM Akbar Tanjung pada menit 69.

Hingga menit 70, Persib belum mampu membongkar pertahanan PSM. Persib kesulitan membobol gawang PSM.

PSM melakukan dua pergantian pemain pada menit 73. Victor ditarik keluar digantikan Rizkuy Eka. Kemudian, Yakob Sayuri digantikan Mufli Hidayat.

Wasit memberikan kartu kuning kepada pemain PSM Everton pada menit 75. Kartu kuning yang diterima itu karena Everton terlalu banyak protes.

Lagi-lagi, PSM menekan Persib. Yance Sayuuri melakukan tendangan keras mendatar pada menit 81 dari luar kotak penalti. Namun, Teja berhasil mengamankan tendangan Yance.

Yaya Sunarya kembali merotasi pemainnya pada menit 81. Putu Gede ditarik keluar dan digantikan Frets Butuan.

Marc Klok melakukan tendangan bebas yang keras pada menit 85. Namun, tendangan Klok mampu ditepis kiper PSM Reza. Persib terus mencoba membongkar pertahanan PSM.

Ciro Alves berhasil mencetak gol ada menit 86. Ciro melakukan tendangan bak umpan, tendangan Ciro itu gagal diantisipasi kiper dan pemain belakang PSM.

Usai Ciro mencetak gol, Persib terus menekan, Nick nyaris memperkecil ketertinggalan melalui sundulannya. Namun, sundulan Nick masih diantisipasi kiper PSM.

Persib terus menggemput dan mampu memperkecil ketertinggalan pada menit 88 melalui tendangan keras Klok. Klok melesatkan tendangan keras yang mengarah ke pojok gawang PSM. Skor pun 3-2 untuk PSM.

Pelatih PSM kemudian merotasi pemainnya. Pluim ditarik keluar digantikan Andy Harjito pada menit 89.

Persib kembali kebobolan jelang laga berakhir. Everton memberikan umpan cantik ke Harjito pada menit 90+1. Harjito dengan mudah menjebloskan bola ke gawang Persib. Lagi-lagi, pertahanan Persib begitu mudah diobrak-abrik PSM.

Hingga peluit panjang babak kedua dibunyikan, skor tetap 4-2. Persib kalah dari Juku Eja. Dan, Maung Bandung tak pernah menang dalam empat laga awal musim ini. (bam)

Susunan pemain

Persib Bandung: Teja Paku Alam, Alberto Rodriguez, Daisuke Sato, I Putu Gede (Frets Butuan), Nick Kuipers, Dedi Kusnandar (Ezra Walian), Marc Klok, Edo Febriansah (Ryan Kurnia), Beckham Putra Nugraha (Robi Darwis), Ciro Alves dan David Da Silva.

PSM Makassar: Reza Arya Pratama, Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Akbar Tanjung, Arfan, Kenzo Nambu (Raehan Alief), Wiljan Pluim, Aldison Gancho, Victor Jonson (Rizky Eka), Yakob Sayuri (Mufli Hidayat), dan Yance Sayuri

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
20 May 2024 - 12:18
KNKT: Pesawat Latih yang Jatuh di BSD Belum Terlalu Tua

WARTAPENANEWS.COM – Pesawat latih milik Indonesia Flying Club dengan nomor PK-IFP 172 yang jatuh di BSD, Tangerang Selatan, Minggu (19/5/2024) mengakibatkan tiga orang meninggal dunia. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)

01
|
20 May 2024 - 11:17
Dendam karena Dihukum Salin 2 Juz Al-Quran, Santri di Palangka Raya Bunuh Ustazah

WARTAPENANEWS.COM –  Santri berinisial FA (13 tahun) harus berhadapan dengan hukum. Ia membunuh seorang ustazah bernama Najma (35) di area salah satu pondok pesantren di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Kabid

02
|
20 May 2024 - 10:16
Sepakat Damai, Inara Rusli dan Virgoun Cabut Laporan di Polda Metro Jaya

WARTAPENANEWS.COM – Inara Rusli dan Virgoun baru-baru ini mengabadikan momen pertemuan di sebuah tempat yang diunggah melalui akun instagram milik Inara @mommy_starla. Keduanya bersepakat untuk menempuh upaya damai dan memutuskan

03