3 Februari 2023 - 14:32 14:32

Pinjaman Online Makan Korban, OJK Gagal Awasi Fintech

WartaPenaNews, Jakarta – Seorang pria bernama Zulfadhli (35) ditemukan tewas gantung diri di sebuah kamar indekos di Jalan Mampang Prapatan VII, Jakarta Selatan (11/2) lalu. Di dekat jasad korban ditemukan sepucuk surat berisikan curhatan terjerat utang online. Atas peristiwa tersebut, pinjaman online kini telah memakan korban.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menilai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah gagal mengawasi fintech (financial technology). “Kasus ini seharusnya menjadi tamparan besar bagi OJK. Sebab bagaimanapun ini wujud kegagalan OJK dalam mengawasi operator pinjaman online,” kata Tulus, Rabu (13/2).

Tulus juga menilai OJK terlalu memberi ruang yang besar terhadap fintech. Akhirnya masyarakat yang dirugikan karena tercekik bunga yang tinggi. “OJK terlalu memberikan kebebasan bagi pinjaman online untuk menentukan bunga sendiri plus denda yang ugal-ugalan,” ujarnya.

Atas kejadian tersebut, seharusnya OJK melakukan evaluasi agar ke depannya tidak ada korban lagi yang berjatuhan akibat pinjaman online. “Kejadian ini seharusnya menjadi bahan evaluasi OJK terkait praktik pinjaman online,” ucapnya.

“YLKI mendesak OJK untuk merestrukturisasi praktik pinjaman online agar tidak jatuh korban bagi konsumen,” sambung dia. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
satu 1
Wowon Erawan Tega Membunuh Anaknya, Ini Alasannya

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
3 Februari 2023 - 12:13
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur

wartapenanews.com  -  Seorang siswa teladan dari SMA Negeri 1 Kota Kotamobagu di Sulawesi Utara (Sulut) bernama Aldi, dianiaya atau dikeroyok oleh belasan siswa lainnya hingga babak belur dan harus dibawa

01
|
3 Februari 2023 - 11:07
Hujan Deras di Gunungkidul Menyebabkan Tanah Longsor

wartapenanews.com  - Hujan deras yang mengguyur Gunungkidul, Kamis (2/2/2023) malam memicu beberapa bencana tanah longsor. Hujan yang mulai pukul 19.00 WIB mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik. Tak hanya itu,

02
|
3 Februari 2023 - 10:06
Anggota DPRD Pekalongan Ditangkap saat Pesan Sabu

wartapenanews.com  -  Seorang anggota DPRD Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berinisial JZ (53) ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. JZ ditangkap di rumah rekannya pada Minggu 29 Januari 2023 kemarin.

03