30 September 2023 - 12:36 12:36

Polisi Swedia Beri Izin Aksi Bakar Al-Qur’an di Luar Masjid Saat Idul Adha

IPOL.ID – Polisi Swedia mengatakan mereka telah memberikan izin untuk sebuah protes di mana pelakunya berencana untuk membakar Al-Qur’an di luar masjid utama Stockholm pada hari Rabu (28/6), bertepatan dengan hari Iduladha.

Lampu hijau datang dua minggu setelah pengadilan banding Swedia menolak keputusan polisi untuk menolak izin dua demonstrasi di Stockholm yang mencakup pembakaran Al-Qur’an.

Polisi pada saat itu mengutip masalah keamanan, menyusul pembakaran kitab suci umat Islam itu di luar kedutaan Turki pada Januari yang menyebabkan protes selama berminggu-minggu, seruan untuk memboikot barang-barang Swedia dan selanjutnya menghalangi aplikasi keanggotaan NATO Swedia.

Turki, yang telah memblokir tawaran tersebut karena apa yang dianggapnya sebagai kegagalan Stockholm untuk menindak kelompok Kurdi yang dianggapnya sebagai “teroris”, sangat tersinggung karena polisi telah mengizinkan demonstrasi pada Januari itu.

Polisi kemudian melarang dua permintaan berikutnya untuk protes yang melibatkan pembakaran Al-Qur’an — satu oleh individu pribadi dan satu oleh organisasi, di luar kedutaan Turki dan Irak di Stockholm pada Februari.

Pengadilan banding pada pertengahan Juni memutuskan bahwa polisi salah karena melarang protes-protes itu, dengan mengatakan “masalah ketertiban dan keamanan” yang dirujuk oleh polisi tidak memiliki “hubungan yang cukup jelas dengan acara yang direncanakan atau wilayah sekitarnya.”

Permintaan untuk demonstrasi hari Rabu diajukan oleh individu yang sama yang permintaannya sebelumnya ditolak.

“Saya ingin protes di depan masjid besar di Stockholm, dan saya ingin mengungkapkan pendapat saya tentang Alquran… Saya akan merobek Alquran dan membakarnya,” tulis Salwan Momika, 37, dalam salinan permohonan izinnya yang diperoleh AFP.

Polisi mengatakan Rabu bahwa mereka telah memanggil bala bantuan dari seluruh negeri untuk menjaga ketertiban.

Seorang koresponden AFP mengatakan beberapa mobil polisi sudah diparkir di dekat masjid pada Rabu pagi.

Para politisi Swedia mengkritik pembakaran Al-Qur’an, tetapi juga dengan gigih membela hak kebebasan berekspresi. (VOA Indonesia/far)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
30 September 2023 - 12:14
Kegiatan AMIN di Sumenep Dipantau Bawaslu

WARTAPENANEWS.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, melakukan pengawasan terhadap kegiatan bakal Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di sejumlah lokasi di wilayah

01
|
30 September 2023 - 11:19
Damkar Perpanjang Masa Tanggap Darurat di TPA Jatibarang

WARTAPENANEWS.COM – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang memperpanjang masa tanggap darurat bencana kebakaran yang terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jaribarang. Kepala Dinas Damkar Kota Semarang, Nurkholis mengatakan, masa

02
|
30 September 2023 - 10:14
Kontak Senjata di Pegunungan Bintang, 4 Anggota KKB Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Kasatgas Damai Cartenz Kombes Pol. Faizal Rahmadhani mengatakan empat anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang tewas di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Sabtu (30/9/2023). Mereka tewas akibat

03