28 Januari 2023 - 08:35 8:35
728x90

Polusi Kendaraan Sebabkan Tewasnya Puluhan Ribu Orang

WartaPenaNews, Jakarta – Sebuah penelitian AS menyatakan, sekitar 385.000 orang di seluruh dunia meninggal sebelum waktunya pada tahun 2015 karena polusi udara, yang disebabkan oleh emisi gas buang kendaraan, khususnya yang dihasilkan dari mesin diesel.

Menurut hasil penelitian, kendaraan diesel bertanggung jawab atas 47 persen dari kematian. Tetapi, angka itu melonjak setinggi 66 persen di Perancis, Jerman, Italia dan India di mana mesin diesel membuat sebagian besar mobil di jalan.

Studi ini dilakukan oleh para peneliti dari Dewan Internasional Transportasi Bersih (ICCT), kelompok non-pemerintah yang meniup peluit atas skandal kecurangan emisi “dieselgate” Volkswagen pada 2015 dan dua universitas AS.

“Tingginya beban kesehatan masyarakat kendaraan diesel di Eropa menggarisbawahi perlunya standar emisi kelas dunia harus disertai dengan kepatuhan dan penegakan yang kuat,” kata co-penulis ICCT Joshua Miller.

Dalam studi luas, para peneliti melihat emisi dari mobil diesel dan non-diesel, truk, bus, industri perkapalan serta mesin pertanian dan konstruksi dan dampaknya terhadap kesehatan manusia.

Mereka menemukan, bahwa sektor transportasi global bertanggung jawab atas 11 persen dari 3,4 juta kematian prematur setiap tahun yang disebabkan oleh polusi dari partikel halus (PM2.5) dan paparan ozon di permukaan tanah.

“Biaya dari beban kesehatan yang disebabkan oleh polusi transportasi, yang telah dikaitkan dengan penyakit paru-paru, jantung, dan diabetes, bertambah hingga US $ 1 triliun pada tahun 2015,” kata mereka.

Di China saja, sekitar 114.000 orang terbunuh oleh knalpot kendaraan tahun itu, tetapi itu masih hanya menyumbang lebih dari 10 persen dari semua kematian yang terkait dengan polusi udara di sana.

Amerika Serikat menyaksikan 22.000 kematian akibat polusi transportasi, yang 43 persennya terkait dengan mesin diesel. Sementara itu India mencatat 74.000 kematian dini akibat knalpot kendaraan, dibandingkan dengan 13.000 di Jerman, 7.800 di Italia dan 6.400 di Prancis.

Namun secara relatif, gambaran itu paling buruk di Jerman dengan 17 kematian prematur disalahkan pada polusi transportasi per 100.000 penduduk – tiga kali lebih tinggi dari rata-rata global.

“Milan, Turin, Stuttgart, Kiev, Cologne, Berlin dan London adalah di antara kota paling mematikan dalam hal polusi transportasi,” catat para peneliti.

Para penulis mengingatkan, bahwa perkiraan mereka “konservatif” karena studi mereka tidak memperhitungkan semua jenis emisi berbahaya atau penyakit yang berhubungan dengan polusi.

“Pertimbangan dampak ini kemungkinan akan meningkatkan perkiraan dampak kesehatan dari emisi gas buang kendaraan,” tulis mereka memperingatkan. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Ketua Komite Yudisial Asprov PSSI Sulut Dorong Devanda Aditya Putra Jadi Sekjen PSSI

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
28 Januari 2023 - 08:30
Konsumen Meikarta Minta Duitnya Dikembalikan Sudah 3 Tahun Belum Dibangun

wartapenanews.com - Konsumen apartemen Meikarta yang merupakan proyek ikonik dari Grup Lippo, mundur teratur. Termasuk Rosalina Gozal, jadwal serah terima kunci lewat 3 tahun, namun apartemennya masih berbentuk tanah. Alias

01
|
28 Januari 2023 - 08:06
Serang Jemaah, Inggris dan AS Kutuk Aksi Penembakan di Sinagoge Yerusalem

wartapenanews.com - Inggris mengutuk serangan di sebuah Sinagoge di Neve Ya’akov, Yerusalem pada Jumat (27/1). Dalam peristiwa ini tujuh orang tewas dan 10 orang luka-luka. "Menyerang jemaah di sinagoga pada

02
|
28 Januari 2023 - 07:33
7 Orang Tewas Dalam Penembakan di Sinagoge Yerusalem

wartapenanews.com - Tujuh orang tewas dan 10 orang luka-luka akibat serangan di sebuah Sinagoge di Neve Ya’akov, Yerusalem pada Jumat (27/1). Korban luka langsung dibawa ke rumah sakit, termasuk wanita

03