26 April 2024 - 22:57 22:57

Presiden Turki Janjikan Jalan Menuju Kebangkitan dan Pertumbuhan Turki

wartapenanews.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menjanjikan jalan menuju kebangkitan dan pertumbuhan Turki. Hal itu ia sampaikan dalam sambutan saat upacara pelantikannya di kompleks kepresidenan, Ankara, Sabtu (3/6/2023).

“Turki merintis jalan baru setelah pemungutan suara berakhir dan hasilnya diumumkan. ‘Abad Turki’ telah dimulai dan pintu pertumbuhan negara kita telah dibuka,” ujar Erdogan dalam upacara yang dihadiri para pejabat tinggi dari 81 negara.

Erdogan memenangi pemilu presiden Turki dengan 52,18 persen suara, sedangkan kandidat oposisi Kemal Kilicdaroglu mengantongi 47,82 persen suara.

Sebelumnya, Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) yang mengusung Erdogan dan sekutunya juga memenangi suara mayoritas di parlemen.

“Saya berharap misi mulia ini akan menguntungkan bangsa saya, yang baginya telah saya dedikasikan hidup saya, untuk semua bagian dari tanah air kita, dan untuk kemanusiaan. Saya berharap kita tidak akan mengecewakan bangsa kita tercinta yang mempercayai saya, serta partai dan aliansi saya,” tutur Erdogan.

Setelah dilantik oleh parlemen Turki untuk masa jabatan ketiga sebagai presiden, Erdogan berjanji akan merangkul 85 juta populasi negara tersebut tanpa melihat pandangan politik, asal, atau kepercayaan mereka

Dia menegaskan bahwa seluruh warga Turki harus bersatu karena negara itu membutuhkan persatuan dan solidaritas.

Erdogan juga bersumpah akan mengimplementasikan visi Turki sebagai republik selama lima tahun ke depan masa jabatannya.

“Kita akan menjaga demokrasi kita dari konstitusi saat ini–yang merupakan produk kudeta (1980)–dan memperkuatnya dengan konstitusi libertarian, sipil, dan inklusif,” ujarnya.

“Kami pun akan terus mengembangkan negara kita melalui investasi, lapangan kerja, produksi, ekspor, dan surplus neraca berjalan. Kita bertekad untuk mempraktikkan prinsip ‘Damai di rumah, Damai di dunia’ dari Ghazi Mustafa Kemal (Ataturk) dalam arti yang sebenarnya,” imbuh Erdogan.

Usai dilantik, Erdogan akan segera mengumumkan anggota kabinet baru pemerintahannya. Dia juga mengatakan rapat kabinet pertama di bawah kepemimpinannya akan berlangsung pada Selasa (6/5/2023).

Erdogan juga berjanji untuk bekerja dengan pengabdian selama lima tahun ke depan untuk menghormati Turki

“Kami berjanji untuk bekerja dengan segenap kekuatan kami untuk melindungi kemuliaan dan kehormatan Republik Turki, untuk mempromosikan reputasinya, dan memuliakan namanya di dunia selama lima tahun,” kata dia. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03