28 March 2024 - 16:45 16:45

Proses Hitung Cepat Jangan Dijadikan Acuan

WartaPenaNews, Jakarta – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asyari mengatakan survei dengan metode exit poll tidak bisa dijadikan acuan dalam menentukan pemenang kontestasi demokrasi di Indonesia yang digelar Rabu (17/4) besok.

Namun demikian hasil menuturkan langkah tersebut kemungkinan besar akan dilakukan pada proses perhitungan suara di luar negeri.

“Mungkin saja akan dilakukan tetapi hanya diperuntukkan pada tempat pemungutan suara yang berada di luar negeri (TPSLN-red), ” kata Hasyim di Jakarta, Senin (15/4).

Hasyim mengakui exit poll memang berfungsi menjadi basis informasi terkait siapa yang pemilih pemilih di suatu wilayah setelah pemilih keluar dari tempat pemungutan suara.

Namun demikian, dirinya mengingatkan hasil penelitian ini belum sepenuhnya akurat pasalnya perhitungan resmi baru akan dilakukan pada 17 April 2019.

“Prinsipnya ialah surat suara hasil perhitungan mulai dari bawah dari TPS akan selalu dikawal dan akan dihitung semuanya sehingga hasil yang ada pada sistem exit poll belum tentu merupakan hasil akhir,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin meminta kepada masyarakat untuk tidak langsung menyebarluaskan hasil dari temuan lembaga survei baik sistem yang mempergunakan quick count maupun exit poll.

Pasalnya, Ujang menilai dua sistem tersebut yang dilakukan hanya untuk menjadi salah satu riset dalam proses pesta demokrasi.

“Hasil quick count atau exit poll hanyalah berupa gambaran dimana hasilnya akan menjadi pembanding pada total keseluruhan rekapitulasi. Bilamana sudah diketahui data tersebut ke depannya akan dapat menjadi pembelajaran bagi kaum akademis maupun politisi, ” kata Ujang di Jakarta.

“Tidak perlu menyebarkan hoaks karena kedepannya, rekapitulasi data akan dijabarkan kepada masyarakat luas. Mari jaga kualitas demokrasi Indonesia agar tetap baik dan positif di mata dunia,” tambahnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03