7 Februari 2023 - 09:08 9:08

Puan Minta Kemenkes Setop Penggunaan Sirop untuk Anak

wartapenanews.com -  Ketua DPR Puan Maharani meminta Kementerian Kesehatan atau Kemenkes menyetop terlebihan peredaran dan penggunaan obat sirop pada anak untuk mencegah gagal ginjal akut. Sebab saat ini angka gagal ginjal akut pada anak tembus 206 kasus sejak 1 Januari hingga 18 Oktober 2022.

“Pastikan seluruh tenaga kesehatan telah memahami untuk menunda sementara waktu pemberian resep obat cair untuk anak, serta membantu memberikan edukasi kepada masyarakat,” tegas Puan dalam keterangan resminya pada Rabu (19/10/2022).

Selain itu Puan mengimbau pemerintah dapat menggencarkan edukasi kepada masyarakat terkait kasus gagal ginjal akut atau Acute Kidney Injury (AKI).

“Pemerintah harus melakukan edukasi kepada masyarakat secara optimal terkait persoalan ini melalui berbagai strategi komunikasi maupun memanfaatkan platform media,” jelas Puan dalam keterangan resminya pada Rabu (19/10/2022).

Puan mengatakan pemerintah berperan penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Sebab saat ini masyarakat masih banyak yang belum mengetahui terkait hal ini. “Masih banyak masyarakat yang belum mengenali gejalanya dan tindakan apa yang harus dilakukan jika anak-anak mengalami gangguan ginjal akut,” katanya.

Edukasi dan sosialisasi ini tidak hanya dapat dilakukan oleh kemenkes maupun nakes, melainkan dirinya juga meminta anggota DPR khususnya pada Komisi IX sebagai mitra Kemenkes agar dapat mengedukasi masyarakat. Terlebih lagi dengan kondisi DPR yang saat ini sedang reses sehingga para anggota sedang kembali ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

“Saya juga menginstruksikan kepada anggota DPR RI yang saat ini sedang memasuki masa reses untuk membantu memberi edukasi dan sosialisasi kepada warga serta memantau kasus gagal ginjal akut pada anak di dapilnya masing-masing,” tegas Puan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Presiden Rusia Vladimir Putin
Pasok Tank untuk Ukraina, Putin Ancam Jerman Pakai Nuklir
film
Deretan Film Semi China Terbaik
satu 1
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
7 Februari 2023 - 07:06
Gempa Susulan 5,2 Magnitudo, Kali Ini Berpusat di Muara Binuangeun Banten

wartapenanews.com - Gempa susulan terjadi di Banten, kali ini berpusat di Muara Binuangeun dengan kekuatan 5,2 magnitudo, Selasa (7/2). Gempa itu terjadi setelah beberapa detik atau tepatnya pukul 07.35 WIB.

01
|
7 Februari 2023 - 06:29
Man City Terserat Kasus dan Terancam Pengurangan Poin hingga Degradasi

wartapenanews.com - Manchester City terancam hukuman berat berupa pengurangan poin hingga degradasi setelah Premier League mendakwa mereka. The Citizens didakwa atas lebih dari 100 pelanggaran Financial Fair Play (FFP) selama

02
|
7 Februari 2023 - 06:08
8 Anggota Geng Motor “Kapal Api” Bogor Diamankan Polisi

wartapenanews.com - Kepolisian Sektor Parung, Polres Bogor, berhasil menangkap delapan anggota gangster “Kapal Api” yang berkeliaran di Jalan Raya Lebak Wangi, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Delapan anggota gangster itu

03