28 April 2024 - 05:45 5:45

Puncak Musim Kemarau Diprediksi hingga Agustus 2022

wartapenanews.com - Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) memprediksi puncak musim kemarau di Indonesia tahun ini akan terjadi sekitar Agustus 2022.

“Musim kemarau akan datang lebih lambat dari normalnya. Puncak musim kemarau diperkirakan terjadi pada bulan Agustus 2022,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers, Jumat (18/3).

Dwikorita menjelaskan, jika dilihat akumulasi musim hujan yang terjadi, mayoritas wilayah dari 342 zona musim di Indonesia akan mengalami kemarau normal.

Lalu untuk 104 zona musim lainnya atau 30,4 persen akan mengalami kondisi kemarau di atas normal maupun mengalami curah hujan yang lebih tinggi.

Sedangkan untuk sebagian kecil wilayah atau sekitar 12 persen yang meliputi Sumatera Utara bagian utara, sebagian Jawa Barat, Jawa Tengah bagian utara, sebagian Jawa Timur, sebagian Bali, sebagian Nusa Tenggara, sebagian Kalimantan, sebagian Sulawesi, dan Maluku akan mengalami kemarau dengan curah hujan yang lebih kering.

Pemda Diimbau Antisipasi Bencana saat Musim Kemarau
Maka dari itu, Dwikorita mengimbau lembaga terkait dan pemda untuk mengantisipasi bencana yang umumnya terjadi saat musim kemarau.

“Dimohon untuk lebih siap dan antisipatif terutama di wilayah yang rentan terhadap bencana kekeringan meteorologis, kebakaran hutan dan lahan, dan ketersediaan air bersih,” jelasnya.

Daerah-daerah yang dilanda kemarau lebih kering dari biasanya juga diminta untuk melakukan persiapan sejak dini seperti menampung air hujan dan mengisi penyimpanan air buatan.

“Pemerintah Daerah dimohon dapat lebih optimal melakukan penyimpanan air sebelum memasuki puncak musim kemarau yang diprediksi pada puncak bulan Agustus sebagian besar wilayah Indonesia,” pungkasnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03