2 Februari 2023 - 14:26 14:26
728x90

Putri Candrawathi Ditantang Jaksa Buktikan JIka Ada Pelecehan di Magelang

wartapenanews.com -  Jaksa penuntut umum (JPU) menantang pihak terdakwa Putri Candrawathi membuktikan peristiwa pelecehan yang dilakukan Yosua Hutabarat (Brigadir J) di Magelang. Penuntut umum menilai kuasa hukum terdakwa salah sambung memaksakan peristiwa di Magelang sebagai materi eksepsi untuk menangkis surat dakwaan perkara pembunuhan Brigadir J yang telah disampaikan dalam sidang di Pengadilan Negeri Jaksel pada Senin (17/10/2022). Mengenai pelecehan itu, jaksa meminta dibuktikan dalam proses persidangan perkara pokok.

Dalam sidang dengan agenda mendengarkan tanggapan jaksa atas eksepsi kuasa hukum terdakwa, penuntut umum menegaskan surat dakwaan disusun telah memenuhi unsur formil dan materil. Sedangkan eksepsi terdakwa yang menyinggung peristiwa di Magelang untuk menyimpulkan surat dakwaan tidak cermat bukan menjadi materi perkara pokok dan menyalahi ketentuan Pasal 156 Ayat 1 KUHAP.

“Penuntut umum tidak perlu menanggapinya akan tetapi akan mengungkapkan fakta-fakta hukum tersebut pada saat pembuktian di persidangan,” urai jaksa dalam persidangan yang dipimpin ketua majelis Wahyu Imam Santoso.

Dalam eksepsinya, tim kuasa hukum turut menyinggung adanya dampak psikologis yang dialami terdakwa imbas peristiwa di Magelang, dan menganggap jaksa mengabaikan fakta tersebut. Kuasa hukum juga menyinggung adanya pemeriksaan psikolog forensik yang menekankan terdakwa merupakan korban pelecehan namun jaksa dianggap mengabaikan peristiwa tersebut.

Surat dakwaan jaksa yang disampaikan kepada Putri maupun Ferdy Sambo disebutkan bahwa korban Yosua Hutabarat tewas lantaran keterangan sepihak Putri tanpa upaya memastikan kebenarannya. Jaksa dalam tanggapan atas eksepsi menilai surat dakwaan telah menguraikan peristiwa pembunuhan di rumah dinas Kadiv Propam Polri yang terjadi pada 8 Juli 2022 sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan meminta majelis menolak eksepsi penasihat hukum terdakwa.

“Berdasarkan hal tersebut, jaksa penuntut umum memohon kepada majelis hakim untuk menolak seluruh eksepsi yang dibacakan penasihat hukum terdakwa Putri Candrawathi,” tutur penuntut umum. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03