29 April 2024 - 16:24 16:24

Rafael Alun Hari Ini Jalani Sidang Vonis

WARTAPENANEWS.COM –  Rafael Alun Trisambodo dijadwalkan menjalani sidang pembacaan putusan pada hari ini. Vonis akan dibacakan usai seluruh proses sidang telah dilalui, termasuk pembuktian, tuntutan, hingga pembelaan.

“Betul sesuai agenda sidang hari ini adalah pembacaan putusan oleh majelis hakim atas nama terdakwa Rafael Alun Trisambodo,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (4/1).

KPK yakin perkara gratifikasi dan pencucian uang yang didakwakan kepada Rafael Alun terbukti. Sehingga hakim akan menyatakan ayah Mario Dandy itu bersalah.

“Berdasarkan fakta hukum hasil persidangan, kami sangat yakin terdakwa akan diputus bersalah,” ucap Ali.

“Namun demikian tentu kami tidak ingin mendahului majelis hakim. Kami percaya semua fakta-fakta sidang akan diakomodir dalam pertimbangannya,” sambungnya.

Pada sidang sebelumnya, jaksa menuntut Rafael Alun dihukum 14 tahun penjara dan denda 1 miliar.

Selain itu, ia dituntut pidana tambahan membayar uang pengganti sebesar Rp 18.994.806.137. Sesuai dengan gratifikasi yang diterimanya.

Rafael Alun dinilai terbukti dalam dua tindak pidana yang didakwakan kepadanya, yakni gratifikasi serta pencucian uang.

Ia dinilai terbukti mengatur penerimaan uang dari para wajib pajak dengan modus seolah-olah wajib pajak tersebut menggunakan jasa konsultasi yang didirikan oleh dirinya beserta istrinya.

Sehingga, ia mendapat imbal uang atas perbuatannya itu. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03