29 April 2024 - 01:58 1:58

Usai Ricuh di Distrik Namblong, 200 Personel Polisi Diterjunkan

WARTAPENANEWS.COM –   Polres Jayapura mengerahkan 200 personel untuk bersiaga dan mengamankan Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura, Papua. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi kericuhan yang sempat terjadi Senin (1/1/2024) kemarin.

“Kami berharap masyarakat yang saat ini masih mengungsi segera kembali ke rumah masing-masing karena situasi kamtibmas sudah berangsur normal,” kata Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, di Sentani, Kamis (4/1/2024).

Dia menyebut pengerahan ratusan personel termasuk Brimob Nusantara itu untuk mengamankan wilayah tersebut. Sehingga kemanan bisa kembali pulih.

Fredrickus menjelaskan kericuhan yang terjadi Senin (1/1/2024) mengakibatkan 928 orang mengungsi di tiga lokasi, namun karena kondisi sudah berangsur pulih maka mereka diminta untuk kembali.

“Masyarakat terutama yang rumahnya tidak dibakar telah diminta kembali karena saat ini anggota sudah disiagakan di sekitar wilayah itu,” ujarnya

Dia menyebut akibat kericuhan yang terjadi tercatat beberapa bangunan dibakar diantaranya satu kantor balai kampung, 21 unit rumah dirusak dan dijarah, delapan unit rumah dibakar, satu unit sepeda motor dibakar, 22 unit mobil dirusak dan 41 unit sepeda motor mengalami kerusakan.

Sementara itu Wakil Sementara Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Chandra Kurniawan secara terpisah menjelaskan insiden yang terjadi di Distrik Namblong berawal saat Sertu AD pulang ke rumah setelah melakukan pengamanan malam tahun baru dihadang sekelompok warga yang dalam keadaan mabuk akibat pengaruh minuman beralkohol.

Selain menghadang mereka juga menganiaya Sertu AD yang merupakan Babinsa di wilayah itu, sehingga dibalas dengan menggunakan senjata tajam hingga melukai dan menewaskan David Bano. Akibat masalah itu sehingga warga menyerang dan melakukan pembakaran.

“Jenazah David Bano sudah dimakamkan Selasa (2/1) dan situasi keamanan sudah kondusif,” kata WS Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Chandra Kurniawan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03