29 April 2024 - 19:47 19:47

Ragam Manfaat Tertawa untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

WartaPenaNews, Jakarta – Tertawa ternyata bukan hanya aktivitas yang menggembirakan. Melainkan juga menyehatkan.

Manfaat tertawa yang berkualitas ternyata cukup luas, yaitu memproteksi diri dari masalah emosional yang disebabkan oleh depresi dan stres jangka panjang.

Kesehatan jantung dipercaya akan selalu terjaga ketika seseorang sering tertawa. Berikut beberapa manfaat tertawa untuk kesehatan seperti dilansir laman MSN.

1. Menurunkan Tekanan Darah
Penelitian telah menemukan dampak positif pada aliran darah peserta penelitian setelah mereka setelah menonton acara hiburan berbasis komedi.

Satu studi, misalnya, mengamati peningkatan pelebaran pembuluh darah pada orang yang menonton film lucu.

2. Menghilangkan Stres
Respons fisik yang disebutkan di dalam tubuh juga mengaktifkan respons stres Anda sebelum mendinginkannya secara tiba-tiba. Hasilnya, Anda mengalami perasaan santai.

Faktanya, satu penelitian mengaitkan antisipasi tawa dengan berkurangnya tingkat tiga hormon stres – kortisol, epinefrin, dan dopac. Mereka ditemukan menurun masing-masing 39 persen, 70 persen, dan 38 persen.

Meskipun ini adalah efek jangka pendek, ada kemungkinan bahwa tertawa bisa memainkan peran terapi dalam jangka panjang.

Terapi tawa telah dipelajari sebagai alat manajemen stres, terutama bagi mereka yang menderita kecemasan dan depresi.

3. Meningkatkan Imunitas
Lee Berk dari Loma Linda University, California mengatakan bagaimana tertawa juga dikaitkan dengan tingkat peradangan yang lebih rendah dan aktivitas sel pembunuh yang lebih tinggi dalam tubuh.

Sel-sel ini membantu sistem kekebalan tubuh Anda mempertahankan tubuh terhadap penyakit.

4. Menghilangkan Rasa Sakit
Dalam serangkaian percobaan, peserta ditemukan menunjukkan toleransi nyeri yang lebih baik ketika tertawa.

Para peneliti percaya bahwa tertawa bisa melepaskan zat kimia otak atau endorfin dalam tubuh yang meningkatkan kemampuan kita untuk menahan rasa sakit.

5. Latihan Fisik
Tertawa selama 10 hingga 15 menit bisa membakar hingga 40 kalori seperti yang diperkirakan oleh Vanderbilt University Medical Center.

Dalam beberapa kasus, gelak tawa yang intens bisa melatih beberapa bagian tubuh seperti diafragma, perut, dan bahkan otot-otot bahu Anda. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03