20 April 2024 - 12:58 12:58

Ragam Pilihan Pengganti Santan untuk Hindari Kolesterol

WartaPenaNews, Jakarta – Opor ayam menjadi salah satu sajian khas yang disajikan ketika Hari Raya Idul Fitri tiba. Perpaduan potongan daging ayam dengan kuah santan berwarna kuning serta potongan ketupat terasa lezat dan menggiurkan.

Makanan itu memang enak, tapi kandungan kalori, lemak dan kolesterol di sana konon katanya tinggi. Khususnya dari santan yang diolah cukup lama sehingga menghasilkan asam lemak jenuh.

Untuk menghindari kadar lemak dan kolesterol jahat itu, bisa dilakukan dengan trik cerdas. Memasak opor ayam dengan lezat dapat disiasati tanpa harus menggunakan santan.

“Produk nabati paling bagus untuk mengganti santan karena lebih sehat dan rasanya serupa. Seperti pada susu almond yang mengandung omega 9, bagus untuk menarik gula ke dalam. Cocok bagi penderita diabetes,” paparnya.

Selain itu, susu kedelai juga memiliki rasa gurih yang hampir mirip dengan santan dan mengandung omega 6 serta 3, di mana bermanfaat untuk pertahanan tubuh. Bahan lainnya bisa menggunakan krim serat dan kemiri.

“Krim serat itu krim yang ditaburi di opor ayam dan tinggi serat. Kalau kemiri, bisa diblender lalu disiram ke opor. Rasanya pun mirip santan,” jelasnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03