29 April 2024 - 16:09 16:09

Retrospeksi 2 Dekade PKPU Human Initiative

WartaPenaNews, Jakarta – Human Initiative yang dahulu bernama PKPU Lembaga Kemanusiaan Nasional, merupakan organisasi kemanusiaan yang hadir sejak tahun 1999, berfokus pada isu-isu kemanusiaan di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan tanggap darurat yang terjadi di dalam dan luar negeri.

Spirit Dari Totalitas Kepedulian

Pada milad ke 20 tahun, Human Initiative menyelenggarakan Milad Dua Dekade dengan tema “Humanity Collaboration” – yang diselenggarakan di Balai Kartini, Selasa, 10/12/2019.

Ragam acara menarik dihadirkan untuk menginspirasi lebih banyak lagi masyarakat, pemgusaha serta para relawan untuk mengentaskan lara saudara-saudara kita, yang tertimpa bencana di dalam dan luar negeri, diantaranya Dialog Kemanusiaan “Humanity Outlook 2020” – Refleksi perjalanan aktifitas kemanusiaan 2019 dan Prediksi situasi kemanusiaan 2020.

Hadir para narasumber yang berkompeten di bidangnya seperti Edi Suharto, Direktur Jendral Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial, Victoria Saiz-Omenaca, Head of UNOCHA, Lilik Kurniawan, Deputi Pencegahan BNPB dan Yan Kurniawan, Senior Analisis Drone Emprit. Talkshow dipandu oleh David Chalik dengan topik pembahasan utama berupa pandangan ke empat narasumber terhadap aktifitas kemanusiaan di masa sekarang, serta langkah yang harus ditempuh para pengiat kemanusiaan di masa depan.

Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati menyampaikan, “Momentum Dua Dekade ini akan menjadi pembaharuan kembali semangat untuk meneruskan amanah, dalam memegang sebuah tongkat estafet kepedulian, berupa sebuah ajakan untuk berkolaborasi dalam menghadirkan solusi untuk menjawab tantangan kemanusiaan, baik dalam maupun luar negeri. Kami menyakini, bahwa jalan kemanusiaan, merupakan strategi untuk membangun peradaban dengan penuh harmoni, menyatukan kekuatan, mengelola perbedaan untuk membangun rasa kepedulian kepada sesama”.

Rekam Jejak Inisiatif Sosok Bapak Penyayang Umat

Bapak Dr. (HC) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla berkenan hadir dan menyampaikan pidato kunci untuk memberikan inspirasi guna membangun semangat, dalam gerakan kemanusiaan.

Sosok inspiratif seorang Bapak, pengusaha dan pemimpin negeri, yang memiliki rekam jejak panjang untuk peran kemanusiaan. JK, telah meletakkan fondasi yang jelas akan tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk menangani tragedi bencana alam dan konflik, yang tertuang dalam tanggap bencana.

“Saya mengapresiasi kiprah, upaya serta kolaborasi yang telah diinisiasi PKPU Human Initiative yang sekarang menjadi Human Initiative, untuk memberi asa, serta mengentaskan permasalahan masyarakat Indonesia dan luar negeri yang terpapar bencana.”

JK menilai, milad ke 20 tahun telah membuktikan bahwa Human Initiative menjadi organisasi yang amanah dalam mengelola dana, profesional dalam urusan tanggap bencana, yang selaras dengan visi dan misi mereka.

“Ke depannya, saya berharap akan selalu ada beragam inovasi baru yang dihadirkan oleh Human Initiative, untuk meminimalkan jumlah korban bencana dan akan lebih baik jika bisa melakukan upaya-upaya sebelum terjadinya bencana, “kata JK.

Guna mengokohkan kontribusi yang sudah dilakukan oleh Human Initiative, juga dilakukan penandatanganan buku berjudul “Jejak Inisiatif, Refleksi 20 tahun perjalanan di dunia kemanusiaan”, oleh Jusuf Kalla dan Presiden Humas Initiative Tomy Hendrajati.

Dalam rangkaian acara Milad Dua Dekade, Humas Initiative juga memberikan apresiasi berupa penghargaan, kepada pihak-pihak yang telah berjasa, dalam berkolaborasi menuntaskan tantangan kemanusiaan.

“Ungkapan syukur ini, kami wujudkan dalam memberikan apresiasi Human Initiative Award 2019, kepada tokoh yang telah memberikan kontribusi yang luar biasa untuk kemanusiaan, serta para pihak yang telah berkomitmen membangun kepedulian kepada sesama, “ujar Tomy.

Apresiasi Human Initiative Untuk Institusi dan Pribadi Pejuang Kemanusiaan. Foto: Bud

Wajah Baru Mendunia

PKPU Human Initiative bersalin rupa dalam melanjutkan perjuangannya di dunia kemanusiaan, dengan nama Human Initiative sebagai brand organisasi yang baru, untuk menuju organisasi kemanusiaan dunia.

Tomy Hendrajati, Presiden Human Initiative menyampaikan, “Wajah baru ini diharapkan mampu memberikan semangat baru, yang dapat menciptakan suasana dan ritme kerja yang semakin dinamis, sehingga mampu menjadi Agile Organization. “Wajah baru yang tidak membuat kami merasa asing, namun spirit dari jejak, serta komitmen kami akan terus hadir dalam perjalanan kemanusiaan saat ini dan mendatang, “kata Tommy.

Logo baru Human Initiative menampilkan bentuk dan warna baru, yang memiliki filosofi kuat sebagai organisasi kemanusiaan dunia.

Logogram berupa deformasi dari kedua huruf H dan I, yang menjadi inisial nama organisasi dan logotype yang berupa tulisan Human Initiative. Perpaduan antara huruf H dan I, menggambarkan jabat tangan di antara keduanya, yang memiliki arti sebuah ikatan atau jalinan, yang merupakan simbol untuk membangun kerjasama dan hubungan baik, yang diharapkan akan terus bersinergi untuk saling menguatkan.
Warna biru melambangkan kepercayaan, karena Human Initiative hadir untuk memberikan keyakinan, dalam menghadirkan solusi bagi permasalahan kemanusiaan secara profesional, konsisten dan serius.

“Wajah baru menjadi energi dan semangat baru, yang diharapkan mampu mencapai tujuan sebagai organisasi kemanusiaan dunia, menuju ikhtiar worldwide organization, “harap Tomy. (bud)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03