4 May 2024 - 08:36 8:36

Rumah Warga di Probolinggo Terendam Banjir

WartaPenaNews, Probolinggo -  Untuk kesekian kalinya, banjir melanda wilayah Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo. Dalam banjir kali ini sedikitnya tujuh rumah warga dilaporkan rusak, Rabu (10/3/2021).

Sebagai upaya penyelamatan, petugas gabungan TNI/Polri, BPBD dan unsur lainnya langsung melakukan evakuasi. Sasaran utama penyelamatan yakni para lansia dan balita yang tinggal di daerah terdampak banjir.

Proses evakuasi sendiri dilakukan petugas dengan mengerahkan perahu karet. Hal ini untuk mempermudah evakuasi warga yang berada di titik terdalam terjangan banjir. Informasi yang berhasil dihimpun beritajatim.com menyebutkan, luapan air sungai mulai masuk ke rumah-rumah warga, sejak pukul 14.00 WIB.

Derasnya aliran air kian meninggi hingga pukul 17.00 WIB, dengan ketinggian sekitar satu meter. Terjangan banjir kali ini lebih besar dari sebelumnya. Warga terdampak banjir yang berada di Dusun/Desa Kedungdalem, Kecamatan Dringu, Jamila mengungkapkan, akibat terjangan banjir yang berturut-turut dalam beberapa hari terakhir, membuat perekonomian macet.

“Sudah 3 harian gak bisa beraktifitas normal. Semoga ada solusi terbaik atas banjir ini. Dan yang terpenting tanggulnya, bisa segera diperbaiki,” tuturnya.

Kepala Desa Dringu, Bukhari Subhan, menyampaikan, ada 2.641 jiwa warganya terdampak banjir. Beberapa diantaranya telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Bukhari, juga membenarkan sekitar tujuh rumah warga berikut perabotan rumah tangga yang rusak akibat terjangan banjir.

“Untuk terjangan banjir, sebetulnya selama empat tahun terakhir tidak sebesar seperti saat ini. Dan itu mulai dirasakan, sejak memasuki tahun 2021, pada 26 Februari lalu,” jelasnya.

Hingga petang hari, proses evakuasi warga ke pos penyelamatan berlokasi di Kantor Kecamatan Dringu, terus dilakukan oleh petugas gabungan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 07:10
Diduga Dianiaya, Senior Diamankan Buntut Kasus Mahasiswa STIP Jakarta Meninggal

WARTAPENANEWS.COM – Polisi melakukan pemeriksaan forensik terhadap jenazah mahasiswa tingkat satu Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Cilincing, Jakarta Pusat berinisial P (19) yang tewas diduga dianiaya oleh seniornya. Pemeriksaan yang

01
|
4 May 2024 - 06:31
Jelang Lawan Guinea U-23 di Playoff Olimpiade Paris 2024, Timnas Indonesia U-23 Kedatangan 2 Pemain Top

WARTAPENANEWS.COM –   Timnas Indonesia U-23 kedatangan 2 pemain top jelang lawan Guinea U-23 di playoff Olimpiade Paris 2024 menarik diulas. Kedua pemain itu kabarnya adalah Elkan Baggott dan juga Alfeandra

02
|
4 May 2024 - 06:11
Pemerintah Sepakat Masa Jabatan Kades Maksimal 16 Tahun

WARTAPENANEWS.COM –  Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) menandatangani UU nomor 3 tahun 2024 soal kepala desa mendapatkan uang pensiun. Kepala desa (Kades) akan dapat tunjangan purnatugas atau pensiun. Aturan baru tersebut

03