3 May 2024 - 17:34 17:34

Saat Ramadan, Sampah di Indonesia Selalu Bertambah

WartaPenaNews, Jakarta – Lembaga internasional, Pusat Makanan dan Nutrisi Barilla mengklaim, bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan penghasil sampah makanan terbesar di dunia.

Pada tahun lalu pihaknya mencatat, Indonesia membuang sampah makanan terbesar kedua dengan jumlah mencapai 300 kilogram per orang per tahun.

Data yang juga dimuat oleh The Economist Intelligence Unit ini mencatat, Arab Saudi di posisi pertama dengan jumlah sampah makanan mencapai 247 kilogram per orang per tahun, dan Amerika Serikat di posisi ketiga dengan jumlah 277 kilogram.

Sementara Parongpong Waste Management, sebuah pusat daur ulang di Jawa Barat mengatakan, jika data yang mereka peroleh menunjukkan di Jakarta sendiri ada tambahan 200 ton sampah dalam sebulan saat Ramadan.

“Ini sangat mengkhawatirkan, karena di luar bulan Ramadan saja, Indonesia sudah menjadi salah satu pembuang makanan terbesar di dunia,” kata salah satu pendiri Parongpong Waste Management, Gadis Prameswari.

Menurut Gadis, kebanyakan sampah adalah gabungan dari makanan yang tidak habis serta kemasan makanan.

“Dari pengamatan kita sampah-sampah ini berasal dari sejumlah pusat perbelanjaan dan restoran karena orang-orang yang memesan terlalu banyak, tapi tak bisa menghabiskannya,” tuturnya.

Sayangnya, Gadis mengatakan Indonesia saat ini belum terlalu banyak peduli soal ini, khususnya di bulan Ramadan, yang hanya terfokus pada pembersihan sampah di jalanan.

“Kita berharap pemerintah bisa mengelola sampah dengan lebih baik baik, karena sebenarnya ada potensi sebagai kompos atau pakan ternak dari sisa makanan ini,” ujarnya. (*/dbs/abc)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 12:20
Ria Ricis Resmi Menjanda

WARTAPENANEWS.COM – YouTuber Ria Ricis resmi menyandang status janda setelah melewati sidang cerai selama 4 bulan. Pengadilan Agama Jakarta Selatan memutus cerai pernikahannya dengan Teuku Ryan, pada 2 Maret 2024.

01
|
3 May 2024 - 11:17
Desa di Aceh Singkil Diterjang Banjir Bandang

WARTAPENANEWS.COM –  Banjir bandang menerjang Desa Lae Bangun, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Sumber video yang beredar di media sosial Facebook dan grup Whatsapp, banjir bandang itu terjadi

02
|
3 May 2024 - 10:06
Suami Biadab, Aniaya Istri yang Sedang Hamil 4 Bulan hingga Dibacok Celurit

WARTAPENANEWS.COM – Perempuan muda di Kota Malang, Jawa Timur menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan suaminya. Aksi kekerasan ini dilakukan pelaku berinisial M. Romadoni (24), warga Jalan

03