10 May 2024 - 18:25 18:25

Satu Anggot TNI dan 3 Mahasiswa Tewas Dalam kerusuhan di Jayapura

WartaPEnaNews, Jakarta – Tiga mahasiswa peserta aksi demonstrasi di Universitas Universitas Cenderawasih (Uncen) Abepura, Kota Jayapura, Papua, Senin (23/9/2019), meninggal. Ada dugaan ketiga korban terkena peluru karet.

“Sangkaan peluru karet, tetapi harus diautopsi dahulu. Tim DVI masih melakukan pengecekan identitasnya. Pemicu masih didalami team DVI,” tutur Kepala Biro Penerangan Warga Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Senin.

Tidak hanya tiga meninggal, sekitar 20 mahasiswa mengalami beberapa luka karena kekacauan saat pengangkutan mahasiswa demonstran dilakukan.

Dedi Prasetyo menjelaskan awalnya massa akan dipindahkan ke wilayah Expo Waena menggunakan truk dan bis umum dengan dikawal aparat keamanan karena demonstrasi di muka Auditorium Uncen Abepura tidak diperbolehkan.

Pengangkutan itu sudah sempat berjalan damai, tutur ia, tetapi selanjutnya beberapa dari ratusan mahasiswa yang pulang di luar Papua itu membacok satu aparat TNI Praka Zulkifli sampai meninggal. Mereka menyerang personil polisi yang menjaga massa.

Sekitar enam personil Brimob cedera berat karena benda tumpul, batu dan bacokan senjata tajam.

Kemudian, Dedi Prasetyo menyebutkan, kondisi dinilai mencemaskan untuk aparat keamanan dan warga hingga personil Brimob melakukan tindakan untuk melumpuhkan para mahasiswa yang melakukan tindakan pengacau.

Dia mengatakan tidak ada korban dari warga dalam peristiwa itu.

“Sekarang (Senin malam, red) anggota TNI, Polri dan mahasiswa yang cedera dirawat di RS Bhayangkara. Yang meninggal akan diidentifikasi,” katanya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
10 May 2024 - 12:34
Di Pilgub Jatim, Khofifah Ingin Berpasangan Lagi dengan Emil Dardak

WARTAPENANEWS.COM – PAN menyatakan kesiapannya mendukung penuh Khofifah Indar Parawansa untuk kembali maju di Pilgub Jatim 2024. Khofifah ingin kembali maju Pilgub Jatim berpasangan dengan wakilnya, Emil Elestianto Dardak atau Emil

01
|
10 May 2024 - 11:13
Polisi Selidiki Terkait Wanita di Kebayoran Baru Jadi Korban Begal Payudara

WARTAPENANEWS.COM –  Aksi begal payudara terjadi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (7/5) malam. Peristiwa itu terekam CCTV dan viral di sosial media. Dalam video yang beredar, terlihat

02
|
10 May 2024 - 10:51
Pedangdut Senior Jhonny Iskandar Tutup Usia

WARTAPENANEWS.COM – Pedangdut senior Jhonny Iskandar meninggal dunia di usia 63 tahun, pada Jumat (10/5/2024). Kabar duka tersebut dikonfirmasi oleh Dewi, salah satu keponakan sang pedangdut. "Iya, Jhonny Iskandar sudah

03