10 May 2024 - 12:45 12:45

Polisi: Kondisi di Waena dan Wamena Papua Sudah Kondusif

WartaPenaNews, Jakarta – Keonaran terjadi di Waena, Jayapura dan Wamena, Papua, Senin 23 September 2019. Keonaran yang berjalan sejak pagi itu berkurang pada sore harinya.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes AM Kamal mengatakan, petugas TNI-Polri masih berjaga-jaga untuk menahan beberapa hal tak diharapkan kembali terjadi.

Baca

Potret Praka Zulkifli, Prajurit Pembebas Sandera di Papua yang Meninggal di Jayapura

“Di Wamena, kondisi sudah aman sejak jam 15.00 WIT. Begitupun di Waena, Jayapura, keadaannya sudah aman dari sore ke malam,” tutur Kamal saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Menurutnya, Wakapolda Papua Brigjen Pol Yakobus Marjuki ada di Wamena untuk jaga kondusivitas di wilayah itu.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, dugaan sementara, keonaran terjadi karena dipacu oleh berita bohong atau hoax terkait rumor rasisme.

“Hoaksnya masih tentang rasis tetap. Penebar hoaksnya sedang didalami oleh Ditsiber Bareskrim,” papar Dedi masalah keonaran Papua di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin 23 September 2019.

Beda dengan Gaduh di Waena

Senin, keonaran terjadi di Waena, Jayapura, Papua. Massa yang melakukan tindakan anarkistis ini pada awalnya melaksanakan demo di Universitas Cendrawasih (Uncen).

Massa dari Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) itu sudah sempat menempati auditorium Uncen.

TNI dan Polri selanjutnya bernegosiasi dengan massa. Mereka selanjutnya bersedia membuyarkan diri dan meminta diantar ke Expo Waena.

“Jadi peristiwa di Waena dan Wamena berlainan,” tutur Kamal. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
9 May 2024 - 16:32
Helm Keramat Berusia 2.500 Tahun Ditemukan

WARTAPENANEWS.COM – Helm logam berusia 2.500 ditemukan di situs arkeologi Gomile, Kroasia. Meski ditaksir sudah berumur ribuan tahun, kondisi helm itu masih sangat bagus. Melansir Live Science, Kamis (9/5/2024), para

01
|
9 May 2024 - 16:15
Ilmuwan China Menciptakan Virus Mutan Ebola

WARTAPENANEWS.COM – Ilmuwan China telah merekayasa virus mengandung Ebola di laboratorium. Hasilnya, virus tersebut bisa menimbulkan gejala mengerikan saat menginfeksi dan membunuh hamster. Virus mutan Ebola ini diciptakan oleh para

02
|
9 May 2024 - 15:39
Usai Pesta Miras, Pemuda di Bogor Tusuk Emak-emak

WARTAPENANEWS.COM – Polisi telah menaikkan status hukum pemuda berinisial T yang melakukan penusukan kepada emak-emak di Kota Bogor. Kini, T sudah ditetapkan polisi sebagai tersangka. "Sudah dinaikan menjadi tersangka," kata

03