10 May 2024 - 05:32 5:32

Sejoli Pembuang Bayi di Lapak Pedagang Pasar Cakung Ditangkap

IPOL.ID – Sesosok bayi ditemukan pada meja dagangan di pasar kaget, Jalan Kayu Tinggi, RT 05/RW 03, Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Kuat diduga pelaku sejoli dicokok aparat kepolisian.

Kapolsek Cakung, Kompol Syarifah Chaira mengatakan, bayi berjenis kelamin laki-laki dalam keadaan terbungkus kain tersebut ditemukan warga pada Rabu (19/7) sekitar pukul 02.30 WIB.

“Ditemukan seorang warga di meja dagangan di Pasar kaget dekat Masjid Ar Rohman,” ujar Syarifah saat dikonfirmasi di Cakung, Rabu (19/7).

Adanya temuan tersebut, warga sekitar lalu bergegas membawa korban ke klinik di wilayah Cakung Timur terdekat dari lokasi kejadian untuk mendapatkan penanganan medis.

Setelah dari hasil pemeriksaan bayi yang sengaja dibuang di lapak pedagang tersebut dalam kondisi sehat, korban lalu diserahkan ke jajaran Polsek Cakung untuk penanganan lebih lanjut.

“Bhabinkamtibmas Cakung Timur berikut piket fungsi​ Polsek Cakung mendatangi TKP. Bayi laki-laki tersebut dalam keadaan sehat. Sekarang di RS Polri Kramat Jati,” kata Syarifah.

Berdasar hasil penyelidikan sementara, jajaran Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur, bayi tersebut diduga sengaja dibuang seorang perempuan.

Hal itu mengacu pada rekaman CCTV di sekitar lapak pedagang yang menyorot seorang perempuan meninggalkan bayi tersebut di atas lapak pedagang pasar kaget.

“Sekarang kita masih lidik pelakunya dari rekaman CCTV. Untuk bayinya di RS Polri Kramat Jati, Alhamdulillah kondisinya sehat,” tutur Kanit PPA Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur, Iptu Sri Yatmini pada awak media.

Sri menjelaskan, bayi laki-laki dengan bobot tubuh normal tersebut diduga dibuang usai dilahirkan karena saat ditemukan warga masih dalam keadaan terdapat tali pusar.

Kini jajaran Unit PPA Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur masih berupaya mengungkap identitas pelaku pembuangan berdasar rekaman CCTV, dan keterangan saksi-saksi.

“Untuk berat pastinya bayi saya belum dapat informasi, tapi kondisinya tidak sehat, tidak kurus. Kita sekarang masih fokus lidik mencari pelakunya,” tukas Sri.

Sementara, dalam penyelidikannya unit Reskrim Polsek Cakung, Jakarta Timur meringkus sejoli terduga pelaku pembuangan bayi pada lapak pedagang pasar di Jalan Kayu Tinggi, Cakung Timur, Rabu (19/7).

Kapolsek Cakung, Kompol Syarifah Chaira menegaskan, kedua pelaku yakni berinisial CB, 21, dan LA, 21, diringkus di dua lokasi berbeda dalam rentan waktu kurang dari 24 jam usai bayi ditemukan.

Keduanya diamankan jajaran Unit Reskrim Polsek Cakung setelah identitasnya diketahui dari proses penyelidikan berdasar rekaman CCTV kejadian, dan keterangan saksi-saksi.

“Pada Rabu (19/7) jam 16.30 WIB tim berhasil mengamankan pelaku berinisial CB. Diamankan di rumah kontrakan wilayah Cakung Timur,” ungkap Syarifah, Kamis (20/7).

Saat proses pemeriksaan CB mengaku bahwa dia merupakan ayah kandung dari bayi laki-laki, dan ikut terlibat dalam membuang bayi bersama pacarnya yang berinisial LA.

Setelah mendapat informasi keberadaan LA yang merupakan ibu kandung korban, pada hari yang sama pengejaran dilakukan jajaran Unit Reskrim Polsek Cakung pun berlanjut.

“Sekitar jam 18.30 WIB. Tim berhasil mengamankan pelaku LA di wilayah Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Pelaku mengaku telah membuang bayi tersebut,” ujarnya.

Syarifah menambahkan, dari hasil pemeriksaan LA mengaku sebelumnya melahirkan bayi laki-laki yang dibuang di kamar mandi indekos, kawasan Kelurahan Sukapura.

Namun lantaran kasus menyangkut anak, penyidikan lebih lanjut dilimpahkan dari Unit Reskrim Polsek Cakung ke Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Metro Jakarta Timur.

“Pelaku sudah ditangkap dan dilimpahkan ke Renakta (Remaja, anak, dan wanita) Polres,” tegasnya. (Joesvicar Iqbal)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
9 May 2024 - 16:32
Helm Keramat Berusia 2.500 Tahun Ditemukan

WARTAPENANEWS.COM – Helm logam berusia 2.500 ditemukan di situs arkeologi Gomile, Kroasia. Meski ditaksir sudah berumur ribuan tahun, kondisi helm itu masih sangat bagus. Melansir Live Science, Kamis (9/5/2024), para

01
|
9 May 2024 - 16:15
Ilmuwan China Menciptakan Virus Mutan Ebola

WARTAPENANEWS.COM – Ilmuwan China telah merekayasa virus mengandung Ebola di laboratorium. Hasilnya, virus tersebut bisa menimbulkan gejala mengerikan saat menginfeksi dan membunuh hamster. Virus mutan Ebola ini diciptakan oleh para

02
|
9 May 2024 - 15:39
Usai Pesta Miras, Pemuda di Bogor Tusuk Emak-emak

WARTAPENANEWS.COM – Polisi telah menaikkan status hukum pemuda berinisial T yang melakukan penusukan kepada emak-emak di Kota Bogor. Kini, T sudah ditetapkan polisi sebagai tersangka. "Sudah dinaikan menjadi tersangka," kata

03