2 Februari 2023 - 14:46 14:46
728x90

Selain Cegah Dehidrasi, Ini Manfaat Lain dari Air Kelapa

WartaPenaNews, Jakarta – Air kelapa, khususnya dari kelapa muda, kini makin banyak diminati semua kalangan. Air kelapa punya rasa yang menyegarkan, yang bisa menghilangkan dahaga setelah beraktivitas berat atau kepanasan. Selain untuk mengusir rasa haus, air kelapa dengan segala khasiatnya bisa membawa kebaikan untuk kesehatan tubuh.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit.

“Air kelapa murni (tanpa campuran bahan lain) mengandung 5,45 kalori, 1,3 gram gula, 61 mg potasium, dan 5,45 mg sodium,” jelasnya. Itu semua bisa menjaga keseimbangan elektrolit agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Biasanya, air kelapa dikonsumsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga atau saat seseorang sedang diare. Kadang, air kelapa juga kerap dipasarkan sebagai minuman hidrasi olahraga atau minuman untuk mengatasi hangover. Bahkan, ada pula yang menganggap bahwa air kelapa bisa membantu masalah kesehatan tertentu (seperti konstipasi dan kolesterol tinggi) dan menurunkan berat badan.

Berbagai manfaat yang bisa Anda dapat dari air kelapa

Bicara mengenai pengembalian cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga, menurut studi skala kecil yang dipublikasikan di “Journal of the International Society of Sports Nutrition” tahun 2012, khasiat air kelapa tak berbeda dengan air putih.

Studi ini meneliti 12 pria, masing-masing berjalan kaki atau joging selama 60 menit dengan treadmill. Setelah selesai, pertisipan diberikan air putih dalam botol, air kelapa, konsentrat air kelapa, dan minuman elektrolit olahraga. Tiga jam setelah menyelesaikan sesi treadmill pertama, peneliti menemukan bahwa air kelapa atau minuman olahraga tak lebih baik ketimbang air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Lantas, dengan hasil penemuan tersebut, apakah minum air kelapa tidak direkomendasikan? Menurut dr. Jessica Florencia dari KlikDokter, air kelapa tetap disarankan untuk dikonsumsi karena memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Cocok untuk diet
Kandungan lemak dan kalori dalam air kelapa tergolong rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi Anda yang sedang diet. Air kelapa juga bisa dijadikan sebagai sumber energi cepat karena kandungan karbohidrat sederhana yang bisa segera dicerna tubuh.

2. Mengatasi keluhan pencernaan
Air kelapa dapat membantu mengatasi keluhan pencernaan seperti mual, muntah, atau diare. Air kelapa juga akan membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat gangguan pencernaan yang dialami.

3. Cegah dehidrasi
“Air kelapa bermanfaat menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang itu karena mengandung 61 mg kalium dan 1,3 gram gula alami dalam setiap 200 ml-nya,” kata dr. Jessica. Jika dibandingkan dengan minuman isotonik dan minuman energi lainnya, kandungan kalium air kelapa lebih tinggi hingga 50 persen.

4. Kaya nutrisi
Dibandingkan dengan minuman ringan, air kelapa mengandung lima jenis elektrolit yang esensial untuk tubuh, yaitu kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium. Jadi sudah sangat jelas bahwa air kelapa sangat kaya nutrisi.

5. Membantu mengontrol tekanan darah tinggi
Pada sebuah penelitian yang dimuat di “West Indian Medical Journal”, hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi dengan konsumsi air kelapa secara rutin menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi mereka secara rata-rata menurun. Hal ini memberikan harapan bahwa air kelapa dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

6. Mengatasi hangover
Hangover atau rasa pusing akibat mabuk karena minum minuman beralkohol bisa diredakan dengan air kelapa. Air kelapa tidak menyebabkan rasa mual atau kembung ketimbang air putih biasa atau jenis minuman lainnya, sehingga dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman karena mabuk alkohol. Air kelapa juga akan menggantikan elektrolit yang keluar dari tubuh setelah muntah atau buang air kecil. (*/dbs/klikdokter)

 

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03