30 Januari 2023 - 15:30 15:30
728x90

Selain MotoGP, Indonesia Juga Jadi Host World Superbike

WartaPenaNews, Jakarta – Dorna Sports SL, promotor ajang MotoGP kemarin secara resmi mengkonfirmasi telah menandatangani kesepakatan menggelar ajang MotoGP Indonesia pada 2021 mendatang. Bukan hanya MotoGP, Indonesia juga dipercaya Dorna untuk menjadi host satu event balap internasional lain yakni World Superbike (WSBK). Dua ajang itu rencanaya akan digelar di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dorna menyebut kesepakatan kontrak kerjasama telah terjadi di Madrid pada 28 Januari 2019 lalu. Datang sebagai perwakilan Indonesia adalah jajaran direksi Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) yang merupakan perusahaan BUMN selaku pengelola kawasan wisata internasional Mandalika.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta membubuhkan tanda tangan langsung dalam acara tersebut. Sementara dari ITDC yang menandatangani perjanjian tersebut adalah Direktut Utama Abdulbar M. Mansoer. Hadir pula Duta Besar Indonesia untuk Spanyol yakni Hermono.

“Ini adalah sebuah proyek unik. Pembangunan sirkuit jalanan internasional di sebuah negara dengan fans MotoGP yang begitu luar biasa. Tidak diragukan, Indonesia adalah pasar utama kami. Dan itu akan semakin kuat saat sirkuit ini telah rampung, ucap Ezpeleta dilansir Motorsport, Minggu (24/2).

Ezpeleta menambahkan, perhelatan WSBK yang juga bakal digelar di Indonesia akan membuat fans lokal tanah air makin dimanja event motorsport kelas dunia dua kali dalam setahun. Di lain sisi, Abdulbar mengungkapkan pihaknya juga antusias dengan terwujudnya kesepakatan ini. Menurut rumor, kontra pertama Indonesia bersama Dorna ini dalam durasi tiga tahun.

Indonesia sebenarnya juga pernah menjadi tuan rumah MotoGP. Namun, saat itu ajang tersebut masih bernama GP 500cc. Balapan saat itu dilangsungkan di Sirkuit Sentul, Jawa Barat pada 1996 dan 1997.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah menjamin digelarnya balapan MotoGP 2021 di sirkuit Mandalika berlangsung aman. “Tentu soal keamanan dan kondusivitas itu penting. Dan kami menjamin itu,” ujar Wakil Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri, kemarin.

Ia mengakui, sebagai tuan rumah tentu persoalan keamanan dan kondusivitas daerah akan menjadi prioritas utama. Sebab, wisatawan yang datang saat ajang MotoGP berlangsung akan banyak. Sehingga perlu jaminan keamanan. “Perihal keamanan ini Pemda tidak bisa bekerja sendiri. Ada TNI/Polri tentu di dalamnya. Tapi jauh dari itu ada partisipasi masyarakat lah paling utama,” tegas mantan anggota DPRD NTB itu.

Selain itu, Pathul Bahri menyatakan, sinergitas antar seluruh pihak yang terlibat juga harus tetap terjalin, baik pusat, provinsi, kabupaten, TNI/Polri dan masyarakat.”Kita sangat bersyukur dan mengapresiasi setinggi-tingginya pada pusat dan ITDC serta Pemprov NTB yang bergerak secara masif agar Lombok Tengah terus maju,” ungkap Pathul Bahri.

Sementara terkait kesiapan Lombok Tengah sebagai tuan rumah ajang MotoGP. Pathul Bahri menegaskan daerahnya sudah sangat siap “Sebagai tuan rumah, Kabupaten Lombok Tengah tentu sudah sangat siap. Karena saat ajang balap tersebut digelar, seluruh hotel sudah terbangun beserta sarana pendukung lainnya. InsyaAllah kalau ini sudah mulai, semua yang ada juga akan terbangun,” paparnya.

Rencananya, sirkuit Mandalika akan dibangun pada Oktober 2019. Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. Sirkuit tersebut memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start dan finis. Sirkuit akan terdiri 18 tikungan.

Sarana penunjang area paddock akan memiliki 40 garasi untuk kegiatan operasional tim balap. Sedangkan kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites, yang mampu menampung 7.700 penonton. (*/dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
30 Januari 2023 - 12:09
Netanyahu Permudah Israel untuk Tembak Orang Palestina

wartapenanews.com - Rencana Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk mempermudah warganya memperoleh senjata api mengingatkan kekhawatiran akan kekerasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur sejak

01
|
30 Januari 2023 - 11:06
Mobil Sebar Duit, Warga Jombang Berebut Ambil Uang

wartapenanews.com - Jalan yang ada di Dusun Watudakon, Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, mendadak heboh. Tampak sejumlah warga berdiri di pinggir jalan kampung, seperti menunggu kedatangan seseorang. Tidak menunggu

02
|
30 Januari 2023 - 10:06
Arema FC Pertimbangkan Bubarkan Diri karena Tak Diterima Pendukungnya Sendiri

wartapenanews.com -  Klub Arema FC nampak sudah gerah dengan beberapa penolakan dan aksi ricuh dari pendukungnya sendiri di Tanah Air. Akibatnya manajemen mempertimbangkan untuk membubarkan tim menyusul situasi yang tak

03