3 May 2024 - 11:54 11:54

Selama PSBB, Pasar di Malang Tetap Buka, Ini Syaratnya

WartaPenaNews, Jakarta – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan pasar tradisional di wilayah Malang Raya tetap buka selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan pada Minggu, 17 Mei 2020. PSBB selama 14 hari di Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Pada hari pertama Sosialisasi PSBB Malang Raya, Khofifah mengunjungi pasar tradisional Klojen, Kota Malang, Kamis, 14 Mei 2020. Dia ingin memastikan pelaksanaan format Ganjil Genap di pasar tradisional dilaksanakan. Alasannya, untuk tetap menjaga roda perekonomian sekaligus menjaga kesehatan penjual dan pembeli.

“Jangan sampai pasarnya tutup, proses jual beli perdagangan tetap jalan, tetapi menjaga kesehatan juga harus dilakukan. Besok (Jumat-red-hari ini) 26 pasar di Kota Malang akan menggunakan ganjil genap semua,” kata Khofifah.

Baca Juga: Buronan KPK Harun Masiku Meninggal Dunia?

Pelaksanaan format ganjil genap sendiri dilakukan dengan sistem penomoran di setiap stand penjual sebagai acuan jadwal berjualan. Pada hari pertama sosialisasi PSBB ini, jadwal penjual bernomor stand ganjil yang mendapat giliran berjualan. Sementara stand dengan nomor genap bisa berjualan keesokan hari.

“Masing-masing penjual sudah tahu, bahwa hari ini yang ganjil yang berjualan. Besok yang genap yang berjualan. Semoga efektif untuk menjaga perekonomian masyarakat tetapi kesehatan tetap terlindungi,” ujar Khofifah.

Khofifah mengatakan, format ganjil genap, beberapa stand harus dikosongkan termasuk barang dagangnya. Sehingga, anjuran physical distancing terlaksanakan. Protokol kesehatan lainnya juga harus ada di penjuru pasar. Mulai dari penempatan hand sanitizer dan pengukuran suhu tubuh di pintu masuk pasar. Hal tersebut tak lain untuk menjaga keamanan pada penjual dan pembeli yang tengah berbelanja.

“Jadi Physical Distancing berseiring dengan proses perekonomian supaya roda ekonomi tetap bergulir. Format ini tidak hanya untuk yang sedang PSBB, saya rasa se-Jawa Timur dan daerah-daerah lain juga bisa dijadikan role model,” tutur Khofifah. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 09:14
Hujan Lebat di Brasil, 10 Ribu Warga Mengungsi dan 29 Orang Tewas

WARTAPENANEWS.COM –  Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, menyebut hujan lebat telah menyebabkan banjir dan tanah longsor di bagian selatan negara itu. Akibat bencana alam ini, setidaknya 29 orang

01
|
3 May 2024 - 08:32
Usai Ditabrak Pria yang Mengaku Polisi, Dua Warga Bogor Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Dua warga Bogor bernama Diva Maulana Akbar dan Siti Mardiana tewas usai ditabrak pria mengaku polisi di area Stadion Pakansari, Cibinong, Jumat, 10 November 2023 lalu. Kasus ini

02
|
3 May 2024 - 08:09
Waspada, Indonesia Bakal Dilanda Hujan Badai

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprakirakan, hujan disertai petir akan melanda sebagian wilayah Indonesia. Pengendara motor harus lebih waspada ketika terjadi hujan badai. Seperti diketahui, sepeda

03