7 May 2024 - 20:01 20:01

Septic Tank Meledak, Begini Kronologi hingga Penyebabnya

WartaPenaNeews, Jakarta – Satu septic tank meledak di Kapling Blok O, RT 16, RW 03, Cakung, Jakarta Tmur pada Senin, 4 November 2019. Ledakan itu menyebabkan seseorang meninggal dunia.

Korban yang meninggal dunia ialah sopir truk tinja berinisial S dan berumur 44 tahun. Ia meninggal dunia saat sedang melakukan pekerjaan mengisap tinja bersama dengan teamnya sekitar jam 11.00 WIB.

Insiden meledaknya septic tank itu terekam kamera closed sirkuit television (CCTV) rumah. Di bawah ini sejumlah bukti dari meledaknya septic tank yang tewaskan seseorang itu, seperti diambil dari VIVAnews.

Urutan

Sesudah S dan teamnya usai melakukan penyedotan tinja, S membakar koran dan memasukannya ke septic tank. Cara tersebut untuk memberikan keyakinan ke pemilik rumah jika proses penyedotan sudah selesai, dengan matinya api dari koran yang dibakar. Tetapi ternyata, api di septic tank belum padam, hingga pemilik rumah yang cemas memberitahu S.

S yang saat itu sudah mendapatkan bayaran dan berpamitan, kembali dekati pemilik rumah dan berbicara di ruang garasi, yang di bawahnya merupakan tempat septic tank. Waktu itu, mendadak terjadi ledakan dari septic tank.

Karena ledakan itu, penutup lubang septic tank yang tertanam dibawah lantai lepas. Sesaat pemilik rumah terlempar dan mengalami cedera, tetapi tak terjatuh ke septic tank. Sedangkan S terlempar dan jatuh ke septic tank dengan sejumlah cedera cukup parah sampai menyebabkannya meninggal dunia.

“Mendadak septic tank itu meledak dengan keluarkan suara yang lumayan besar dan sopir itu terjatuh ke septic tank dan meninggal dunia,” kata Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tom Sirait.

Pemicu

Mengenai pemicu septic tank itu meledak, menurut Kapolsek Cakung, Komisaris Polisi Pandji Santoso karena dipacu oleh api dari koran yang dibakar dan dimasukkan ke septic tank. Walau sebenarnya, septic tank mengandung gas metana dari kotoran manusia, yang mudah terbakar jika disulut api.

“Sangkaan awal (terjadinya ledakan) karena adanya gas (yang disulut api) di septic tank itu,” tuturnya.

Kecelakaan kerja

Selain itu, polisi yang mendatangi tempat untuk melakukan olah Tempat Insiden Masalah (TKP) menyatakan jika insiden meledaknya septic tank itu murni kecelakaan kerja. Dengan demikian, masalah itu juga tak dapat diteruskan karena tak ada tersangka. Menurut Tom, kekeliruan dari S sendiri yang menyebabkan dirinya meninggal dunia.

“Jadi, ia (S) membakar koran untuk pastikan konsumen jika septic tank sudah bersih, ya meledak, disambar sama gas. Jadi, ya pelaku ia, korbannya ia,” tutur Tom. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03