Siapkan Diri, Ini Tanda-tanda Rock Akan Mendominasi Musik di Tahun Depan

WartaPenaNews, Jakarta – Kalau diperhatikan secara jeli, setiap tahun pasti ada aja satu atau dua genre musik yang menojol.

Bisa dibilang beberapa tahun belakangan musik rock -terutama hard rock, punk, metal, dan jajarannya- agak ‘tertutup’ dengan musik pop dan kekinian lainnya. Meskipun band-band besar seperti Foo Fighter atau GnR masih bersinar.

Meskipun begitu, di akhir tahun 2019 ini, HAI mulai merasakan kebangkitan musik rock di 2020 mendatang nih sob. Kenapa begitu? Berikut alasannya yang HAI rangkum dari Kerrang!:

1. Reuni MCR adalah berita musik terbesar tahun ini

Tiket konser reuni My Chemical Romance langsung sold out kurang dari 5 menit

Twitter/MCRofficial
Tiket konser reuni My Chemical Romance langsung sold out kurang dari 5 menit

Nggak bisa dipungkiri lagi, nggak ada berita seputar musik di tahun ini yang sebesar dan saramai dibicarakan reunian My Chemical Romance.

Bahkan nggak cuma fans aja yang senang, beberapa musisi dari lintas genre pun menyampaikan apresiasi dan kegembiraan mereka mendengar kabar ini.

2. Banyak yang ngomongin Motley Crue

Mötley Crüe putuskan untuk reuni

YouTube/Mötley Crüe
Mötley Crüe putuskan untuk reuni

Coba deh pikirin, tahun ini 2019, berarti 30 tahun setelah Dr. Feel Good rilis dan masih banyak orang yang membicarakan soal Motley Crue, raja Hair Metal.

Diantara film biopic The Dirt dan beberapa tour stadion terakhir mereka, Motley Crue memang lagi hangat-hangatnya diomongin. Jadi bukan sebuah kebetulan kalau tahun depan Motley Crue dan musiknya akan mendominasi lagi.

3. Tour Green Day, Fall Out Boy dan Weezer bakal pecah banget!

Poster Hella Mega Tour

Hella Mega Tour
Poster Hella Mega Tour

Satu-satunya hal yang lebih gila dari tanggapan dunia akan Hella Mega Tour adalah kenyataan kalau tour ini benar-benar terjadi.

Sebelumnya, gagasan untuk menyatukan tiga band besar di musik rock nggak pernah kepikiran sama sekali, tapi Green Day, Fall Out Boy dan Weezer akan menunjukan seberapa pecah sebuah konser ketika tiga band rock raksasa berada di satu panggung.

4. Festival rock di mana-mana

Black Flag di Hammersonic 2020

Hammersonic 2020
Black Flag di Hammersonic 2020

Mulai dari Hammersonic tahun depan di Indonesia yang berisi band-band rock besar, Epicenter sampai Exit 111 merupakan sebauh tanda yang jelas akan kebangkitan musik rock itu sendiri. Terutama untuk di Amerika Serikat sih..

5. Grammy udah nggak ‘benci’ rock

High on Fire menang penghargan penampilan metal terbaik

GRAMMY
High on Fire menang penghargan penampilan metal terbaik

Selama beradab-abad, Grammy Awards selalu menjadi tempat di mana rock dan metal dihina dan ditangani degan buruk. Tapi nggak pada tahun lalu di mana High on Fire berhasil mendapatkan penghargaan GRAMMY.

Selain itu nominasi untuk band tahun ini seperti Candlemass dan Death Angle kayaknya menjadi bukti kalau sebenarnya di dalam Recording Academy itu ada yang dengerin musik ‘berat’.

6. Pop Star paling terkenal saat ini adalah fans berat rock

Banyak penggemar musik rock yang menggerutu ketika mendengar Billie Eilish mengaku kalau dirinya nggak tau siapa Van Hallen. Tapi sepertinya Billie terlalu mudah deh untuk ngidolain hair metal, karena dirinya juga sebenarnya fans berat musik rock.

Dirinya beberpaa kali telihat mengenakan kaos Cradle of Filth dan Type O Negative, dan bahkan pada AMA tahun ini, ia memperkenalkan Green Day dengan mengatakan “tumbuh besar, nggak ada band yang lebih berpengaruh untuk ku (selain Green Day) ucapnya.

7. Banyak film yang menceritakan musik rock

Film Bohemian Rhapsody

20th Century Fox
Film Bohemian Rhapsody

Sebut saja seperti The Dirt, Lord of Chaos, Bohemian Rhapsody, beberapa film biopic musik rock itu mendapatkan respon yang baik dari para penonton dan sepertinya akan semakin banyak film seperti ini kedepannya. (mus)