29 April 2024 - 17:15 17:15

Simpan 3 Benda Ini di Freezer Bisa Bikin Kulkas Meledak

WartaPenaNews, Jakarta – Kebanyakan dari kita berpikir, meledaknya beberapa alat elektronik seperti kulkas terjadi karena adanya jalinan arus pendek yang ada dari kerusakan beberapa komponen di mesin.

Walau sebenarnya, ada sejumlah benda yang ternyata beresiko dan dapat menyebabkan munculnya ledakan pada lemari es jika disimpan dalam freezer.

Benda apa saja itu? Dirangkum dari Good Times, berikut tiga benda yang bisa menyebabkan ledakan apabila disimpan dalam freezer lemari es.

1. Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol sebenarnya tidak beresiko jika disimpan ke freezer, seandainya botol paket sudah terlebih dulu dibuka sebelumnya.

Baca : Narasi Dua Bocah Beli Smartphone Gunakan Uang Receh, Nabung Sendiri karena Tidak Ingin Nyusahin Orang-tua

Pembekuan botol yang belum dibuka dari anggur dan bir diketahui bisa menciptakan gabungan tekanan dan ekspansi, dimana hal tersebut selanjutnya bisa menyebabkan ledakan serius.

2. Minuman Berkarbonasi

Biasanya, minuman berkarbonasi memiliki karbon dioksida di dalamnya hingga membuat mereka jadi bersoda.

Sesudah beku, cairan dalam kaleng akan mengkristal karena suhu dingin dan cuma meninggalkan ruang kecil untuk partikel karbon dioksida di dalamya.

Pada suhu yang benar-benar dingin, karbon dioksida akan mengembang, sebelum akhirnya meledak karena tidak memiliki cukup ruang dan terima tekanan tinggi.

3. Dry Ice

Merupakan bentuk pada dari karbon dioksida seperti dalam minuman berkarbonasi, dry ice akan beresiko apabila disimpan dalam freezer dengan suhu lebih rendah dari -18 derajat.

Hal tersebut terjadi karena, sublimasi dry ice dipercepat pada kecepatan yang cepat sekali mencapai 600-800 kali dari bentuk padat.

Walau jarang meledak, pengambilan dry ice menggunakan tangan kosong tidak dianjurkan karena bisa beresiko membuat si pemegang terkena radang dingin yang parah.

Aduh, ngeri ya sob! Jika pengalaman kalian sendiri bagaimana, ada yang pernah kulkasnya meledak karena beberapa benda di atas tidak? (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03