21 April 2024 - 22:18 22:18

Sosialisasi Jalan Tol, Kementrian PUPR Buka Festival Jalan Tol Pandaan-Malang

Sosialisasi Jalan Tol, Kementrian PUPR Buka Festival Jalan Tol Pandaan-Malang

WartaPenaNews, Malang – Jalan Tol Pandaan-Malang seksi I-III sepanjang 30 Km akan dapat dioperasikan dalam waktu dekat. Sebelum dilakukannya pengoperasian Seksi I-III, terlebih dahulu diselenggarakan sosialisasi kepada masyarakat melalui Festival Jalan Tol yang diisi oleh berbagai acara, yakni Color Run 5 Km, Fun Bike 40 Km, Lomba Foto Jalan Tol, Bazaar UMKM dan Festival Kuliner dari wilayah Malang Raya dan Pasuruan yang dipusatkan di Gerbang Tol (GT) Singosari, Sabtu (23/3/2019)

Acara yang diikuti oleh sekitar 6.000 orang tersebut dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) Anita Firmanti dan Direktur Umum PT. Jasa Marga Desi Arryani.

“Saya sangat mendukung upaya Jasa Marga dalam memperkenalkan tol Pandaan-Malang kepada masyarakat, sebagai sosialisasi dari apa yang kita kerjakan. Karena jalan tol ini dapat dinikmati masyarakat sebelum dioperasikan,” ujar Anita

Menurut Anita, sosialisasi yang dilakukan Jasa Marga ini sangat baik jika diikuti oleh Badan Usaha Jalan Tol ( BUJT ) lain dalam memperkenalkan ruas tol miliknya kepada masyarakat. Ia pun berharap, kegiatan positif ini bisa menumbuhkan rasa memiliki oleh masyarakat terhadap infrastruktur yang dibangun.

“Ini cukup bagus, saya kira BUJT manapun dapat menerapkan seperti ini untuk sosialisasi. Ini memberikan juga rasa kepemilikan. Saya kira kita bisa anjurkan ( BUJT ) lain untuk melakukan (Sosialisasi jalan tol) seperti ini,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani mengatakan, tol Pandaan-Malang Seksi I-III sepanjang 30 km sudah selesai konstruksinya dan ditargetkan bisa beroperasi paling lambat awal Mei 2019.

Jalan Tol Pandaan-Malang diharapkan akan menjadi bagian vital arus mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang yang banyak memiliki tempat wisata. Kehadiran ruas Tol ini akan bisa mempercepat perjalanan dari Surabaya menuju Malang dan sekitarnya. Selama ini, perjalanan dari Surabaya ke Malang pada jam padat, bisa mencapai empat hingga enam jam. Dengan melalui jalan tol ini, waktu tempuhnya bisa kurang dari satu jam.

Jalan tol yang menjadi bagian dari Jalan Tol Surabaya-Malang ini juga memiliki pemandangan alam yang indah di kanan kiri jalan, terutama di rest areanya yang berhadapan langsung dengan Gunung Semeru di sisi timur, Gunung Arjuna sisi barat, Gunung Kawi di sisi barat daya, dan ditambah Gunung Penanggungan.

Saat ini ruas tol tersebut dalam tahap penyelesaian akhir (finishing) dan dilanjutkan dengan uji laik fungsi oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR). Sementara untuk Seksi IV dan V sepanjang 8 Km, pengoperasiannya masih menunggu keputusan Balai Purbakala dan Cagar Budaya karena ditemukannya situs purbakala.

Turut hadir Anggota BPJT dari unsur Kementerian PUPR Agita Widjajanto, Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur, dan Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo.(Olf)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03