29 April 2024 - 14:34 14:34

Terminal Gas Alam di Rusia Dilanda Kebakaran

WARTAPENANEWS.COM –  Kebakaran melanda terminal gas alam di Pelabuhan Ust-Luga di Laut Baltik pada Minggu (21/1/2024). Operator terminal yang juga merupakan eksportir gas alam cair terbesar Rusia, Novatek, menyebut insiden tersebut disebabkan oleh ‘faktor eksternal’.

Mengutip AFP, pihak Novatek mengatakan tidak ada korban jiwa dan api ‘sudah berhasil terlokalisasi’ di lokasi yang berjarak 110 kilometer barat St Petersburg dekat perbatasan Estonia.

Baik Novatek maupun pihak berwenang tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang penyebab kebakaran yang terletak 1.000 kilometer dari perbatasan Ukraina.

Kyiv mengaku bertanggung jawab atas dua serangan terhadap depot minyak di Rusia, termasuk satu serangan di wilayah Leningrad yang sama di mana Ust-Luga berada.

Serangan kedua di wilayah Bransk yang berbatasan dengan Ukraina menyebabkan kebakaran besar.

Kremlin terus menganggap konflik dengan Ukraina tidak berdampak pada kehidupan sehari-hari di Rusia.

Namun, menjelang pemilihan presiden Rusia pada Maret, Ukraina terus meningkatkan serangan drone dan rudal melintasi perbatasan di wilayah musuh.

“Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran di terminal Novatek di pelabuhan Ust-Luga. Personil dievakuasi,” Aleksandr Drozdenko, Gubernur Oblast Leningrad, memposting di Telegram bersama dengan video pendek yang menunjukkan kebakaran besar dan asap di sebuah kompleks pabrik kimia.

Kantor berita TASS dan media pemerintah lainnya mengatakan penyebab kebakaran belum diumumkan.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Minggu mengumumkan bahwa serangan Ukraina semalam berhasil digagalkan, tetapi tidak menyebutkan adanya insiden di wilayah Leningrad.

Kompleks Ust-Luga memproses kondensat gas alam menjadi nafta, bahan bakar jet, dan komponen bahan bakar kapal, menurut situs web Novatek.

Pipa gas Nord Stream 2 yang mengarah ke Jerman, yang belum pernah beroperasi setelah serangan sabotase pada September 2022, dimulai dari Kota Ust-Luga. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03