25 May 2024 - 22:14 22:14

Tewaskan 20 Orang, BNPB: Longsor di Tana Tora Terburuk Selama Awal 2024

WARTAPENANEWS.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan kejadian longsor Tana Toraja, Sulawesi Selatan yang menyebabkan 20 orang meninggal dunia merupakan bencana longsor terburuk sejak awal 2024.

“Sebenarnya kalau kita lihat secara umum ya untuk sisi frekuensi kejadian itu tidak terlalu banyak bencana, cuma memang yang terjadi hari Sabtu lalu tanggal 13 April di Tana Toraja memakan korban cukup signifikan ya 20 jiwa korban meninggal,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam Disaster Briefing secara virtual, dikutip Rabu (16/4/2024).

“Ini mungkin dalam catatan BNPB di awal tahun ini dari Januari sampai ke April, ini longsor terburuk ya di tahun ini. Meskipun memang dari awal tahun yang kita perhatikan longsor cukup signifikan dalam konteks korban jiwa,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Aam mengatakan, cuaca pada saat kejadian longsor di Tana Toraja tidak begitu ekstrem. Bahkan, ketebalan awan dari citra satelit juga tidak terlalu signifikan mendukung terjadinya cuaca ekstrem pada saat kejadian.

Sebab itu, kata Aam, tim dari BNPB sedang melakukan kajian mengenai bencana longsor yang melanda Tana Toraja baik dari sisi geologis maupun hidrologis.

“Memang tim BNPB saat ini sedang di lapangan, sedang di Tana Toraja, kita juga ingin melihat kira-kira sebenarnya dari sisi apakah itu geologis atau hidrologis apa yang menyebabkan tanah longsor ini,” ujarnya.

“Sehingga kita bisa kemudian mapping untuk menghindari menyusun apa pola-pola mitigasi untuk menghindari kejadian serupa di masa depan,” pungkasnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 May 2024 - 12:41
Terjadi Lagi, Bus Rombongan Study Tour Alami Kecelakaan di Sumsel

WARTAPENANEWS.COM – Kecelakaan bus rombongan study tour kembali terjadi, kali ini dialami oleh bus membawa rombongan study tour Sekolah Dasar (SD) yang diduga dari Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Sumatera

01
|
25 May 2024 - 11:38
Di Wilayah Ini, Kendaraan Tanpa Pelat Nomor Makin Marak

WARTAPENANEWS.COM –  Kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil tanpa pelat nomor (TNKB) kembali marak di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ironisnya, para pengemudi kendaraan ini rata-rata mengemudi secara ugal-ugalan

02
|
25 May 2024 - 10:39
Makin Meluas, Ada 47 RT di Jakarta yang Terendam Banjir

WARTAPENANEWS.COM – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (24/5), menimbulkan genangan dan banjir di sejumlah wilayah, Sabtu (25/5). BPBD DKI melaporkan, banjir siang ini meluas hingga ke

03