27 April 2024 - 05:14 5:14

Tips Agar Hidup Menjadi Lebih Bahagia

wartapenanews.com – Salah satu hal yang bisa membuat diri merasa lebih bahagia adalah pandai memanajemen harapan dan rasa kecewa.

Berikut tujuh cara yang dapat dilakukan agar diri merasa lebih bahagia, mengutip akun Instagram Psikolog dan Parenting Coach Irma Gustiana, @ayankirma.

1. Memaafkan Diri Sendiri
Dengan belajar untuk memaafkan diri sendiri, dapat menjadi salah satu cara untuk membuat diri menjadi lebih bahagia.

Anda akan lebih mudah dalam menerima realita yang ada, tanpa berusaha untuk memaksakan ekspektasi yang dimiliki.

2. Menyelipkan Rasa Humor
“Supaya nggak kecewa berlebihan, kamu perlu menyelipkan rasa humor pada pengalaman kecewamu, supaya tidak overthinking menanggapi harapan yang belum tercapai atau justru tidak sesuai harapan,” kata Irma dikutip pada Jumat (28/10/2022).

Irma juga memberikan contoh misalnya dengan mengatakan hal seperti ini. “Lucu banget ya, bisa-bisanya ngarepin orang yang nggak ngarepin kita,” sambungnya.

3. Belajar Lebih Fleksibel
Fleksibel artinya, mampu memikirkan tindakan atau alternatif rencana lain, saat harapan dan keinginan tidak tercapai.

“Hal ini membuatmu jadi belajar untuk mengelola ekspektasi dengan lebih adaptif,” jelas Irma.

4. Menemukan Hikmah Positif
Walaupun pernyataan ‘selalu ada hikmahnya’ adalah hal yang klise, namun harus diakui bahwa seburuk apapun realita, pasti masih terdapat sisi positif di dalamnya.

“Sesuatu terjadi karena ada alasannya, dan itu pasti baik untukmu,” tegasnya.

5. Latih Hati untuk Sabar dan Ikhlas
“(Sabar dan ikhlas adalah) ilmu tingkat tinggi yang memang perlu dilatih saat harapan tidak terpenuhi. Menjadi ikhlas, maka hati dan pikiran akan lebih luas menerima kenyataan,” terang Irma.

Karena hal ini dapat membantu mensejahterakan secara mental.

6. Tidak Apa-Apa Kecewa
Menerima kekecewaan adalah proses yang dapat membuat diri menjadi pribadi yang lebih dewasa. “Terima perasaan itu, jangan disangkal. Rangkul rasanya. Afirmasi diri (bahwa) aku terima rasa kecewa ini sebagai proses yang membuatku belajar dan bertumbuh,”katanya.

7. Berhenti Membandingkan Diri
Salah satu hal yang sepele dan sering terjadi, namun dapat mengurangi kadar bahagia adalah dengan membandingkan diri dengan orang lain. Membandingkan diri hanya akan semakin menimbulkan kekecewaan karena tidak sesuai dengan harapan.

“Fokus pada harapan yang realistis dan komunikasikan pada mereka (pasangan, sahabat, rekan kerja) yang terlibat dalam pencapaian harapan,” tandasnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03