29 April 2024 - 13:58 13:58

Tips Hilangkan Bekas Jerawat Hitam di Wajah

WartaPenaNews, Jakarta – Jerawat adalah salah satu permasalahan yang sering dialami pada kulit wajah. Keberadaan jerawat bisa berpengaruh pada rasa percaya diri seseorang. Hal ini semakin mengganggu kala bekas jerawat yang menghitam muncul di bagian pipi dan bertahan dalam jangka waktu lama.

Noda hitam ini seringkali muncul karena hiperpigmentasi yang dipicu oleh aktivitas tubuh memproduksi sel yang mengandung banyak melanin.

Kadar melanin pada sel tubuh mempengaruhi warna pada kulit, mata ataupun rambut. Keberadaan pigmen melanin dalam jumlah banyak akan membuat bagian tubuh berwarna semakin gelap. Selain keberadaan melanin, hal lain yang menyebabkan timbulnya noda hitam adalah kebiasaan memencet jerawat hingga timbul peradangan serta adanya hiperpigmentasi setelah fase inflamasi.

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat dan efektif bisa menampilkan kulit wajah yang sehat serta mengembalikan kepercayaan diri. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di wajah.

1. Oleskan Madu
Madu adalah bahan alami yang sejak lama dipercaya memiliki banyak manfaat. Kandungan antibiotik yang ada pada madu membantu poses pemulihan sel tubuh secara alamiah.

2. Gunakan Masker Lidah Buaya
Lidah buaya telah lama diketahui memiliki kandungan antibakteri dan antiperadangan.

Bahan alami yang terkandung di dalam lidah buaya juga bermanfaat untuk menstabilkan kandungan melanin yang ada di dalam sel.

Ambil satu bilah lidah buaya, kupas kulitnya lalu ambil dan usapkan gel yang terbisa pada bagian dalam jaringan daun ke wajah dan berikan sedikit pijatan. Aplikasikan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

3. Perasan Lemon
Kandungan vitamin C yang dimiliki lemon bisa mengurangi kadar melanin pada kulit.

Potong dan peras lemon lalu oleskan air perasaannya ke permukaan kulit wajah. Biarkan selama lebih kurang 10 menit lalu bilas.

Selain mengurangi kadar melanin, lemon juga bisa meningkatkan elastisitas kulit, mencerahkan serta menginisiasi pertumbuhan sel kulit baru. Campuran madu dan lemon juga bisa dimanfaatkan sebagai masker jerawat.

4. Masker Kentang
Kentang memiliki kandungan alami yang bermanfaat memperbaiki jaringan kulit sehingga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.

Potongan kentang bisa langsung ditempelkan ke wajah untuk menbisakan manfaatnya. Kandungan pati yang ada pada kentang akan meresap ke jaringan kulit dan perlahan-lahan mengilangkan bekas jerawat yang menghitam. Agar efektif biarkan selama 15 menit baru kemudian dibilas.

Selain cara alami diatas, noda hitam bekas jerawat di pipi juga bisa dihilangkan dengan menggunakan pendekatan teknologi dan konsumsi suplemen makanan untuk mempercepat pemulihan kulit.

Berikut adalah langkah-langkah lain yang bisa kita tempuh untuk menghilangkan bekas jerawat.

1. Menggunakan Tabir Surya
Cahaya matahari memiliki gelombang sinar ultra violet yang bisa berdampak kurang baik pada kulit.

Salah satu dampak negatifnya adalah memicu pembentukan pigmen melanin pada kulit. Penggunaan tabir surya akan melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet secara langsung. Tabir surya yang baik adalah yang memiliki kandungan SPF 30.

2. Mengkonsumsi Vitamin C
Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah mengurangi kadar melanin yang ada pada sel kulit.

Buah-buahan memiliki kandungan vitamin C yang krusial dibutuhkan untuk pembentukan kolagen. Kolagen berfungsi memperkuat jaringan serta menjadikan kulit menjadi lebih elastis.

Buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi serta baik dikonsumsi untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat adalah strawberry dan blueberry.

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi di atas harus rutin kamu lakukan ya. Karena cara yang alami membutuhkan kesabaran dan harus rajin. Meski lama cara alami lebih aman buat kulit dan kesehatan kamu. Selamat mencoba! (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03