Tips Melunasi Hutang yang Menumpuk

Ilustrasi bayar hutang Foto: Annur2.net

WartaPenaNews, Jakarta – Saat hutang tidak bisa dibayarkan, maka akibatnya akan menjadi menumpuk. Yang lebih parahnya lagi, ada kemungkinan hutang semakin bertambah banyak karena adanya bunga.

Pastinya, semua orang tidak ingin jika memiliki hutang menumpuk. Jangan coba coba meminjam uang untuk menutupi hutang, lantaran hal tersebut merupakan langkah yang salah.

Lalu, bagaimana solusinya? Yuk simak tips melunasi hutang yang menumpuk dalam ulasan ini.

Cara Untuk Melunasi Hutang Yang Menumpuk

1. Mulai Membayar Hutang Dengan Bunga Paling Tinggi

Saat meminjam hutang, ada kalanya Anda akan mendapat beban suku bunga. Dimana suku bunga tersebut merupakan imbal jasa atas uang yang dipinjam.

Biasanya suku bunga yang ditetapkan oleh setiap pemberi pinjaman memiliki tingkat yang berbeda-beda. Oleh karena itu ada baiknya jika Anda menghindari kredit dengan bunga yang tinggi.

Pasalnya jika hutang beserta bunganya tidak dibayarkan akan menjadi menumpuk, dan Anda kemungkinan kesulitan untuk membayarkan.

Oleh karena itu jika Anda masih memiliki dana tabungan atau memiliki dana darurat, ada baiknya untuk memprioritaskan pada hutang dengan suku bunga yang tinggi.

Setelah itu, Anda bisa melunasi sisa-sisa hutang lainnya. Meskipun saat melakukan tips melunasi hutang yang menumpuk tersebut terkesan sulit saat di awal, namun jika Anda bisa mengatasi hutang dengan suku bunga lebih tinggi ada kemungkinan bisa mengatasi hutang dengan bunga yang ringan.

2. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Tidak banyak orang yang mencari pinjaman lain untuk menutupi pinjamannya yang sebelumnya. Meskipun cara ini bisa digunakan untuk menghindar dari hutang menumpuk, akan tetapi pada dasarnya tidak membebaskan Anda benar benar terbebas dari hutang.

Jika melakukan gali lubang tutup lubang, maka hal tersebut hanya membuat Anda menunda kewajiban membayar hutang, bukan menyelesaikannya.

3. Turunkan Standar Gaya Hidup

Ada banyak orang yang terlalu menjunjung egonya untuk mengikuti gaya hidup yang terlalu mewah. Dimana demi mementingkan gengsinya, tidak sedikit dari mereka yang rela menghambur-hamburkan uang untuk suatu hal yang sebenarnya tidak diperlukan.

Baca Juga: Di Malaysia, Pengendara Ojol Dapat Dana Bantuan Rp1,8 Juta per Orang

Padahal belum tentu penghasilan yang bisa didapatkan dapat mengimbangi gaya hidup mewah tersebut, sehingga memilih untuk meminjam uang. Dan akibat terburuk yakni terlilit hutang menumpuk.

Tips melunasi hutang yang menumpuk akibat gaya hidup mewah, yakni dengan menurunkan standar tersebut. Cobalah untuk mengurangi pengeluaran untuk membeli barang barang yang tidak penting, yang hanya untuk memuaskan gengsi Anda.

Beranikan diri untuk mengambil langkah besar ini. Meskipun sulit untuk dilakukan saat di awal, namun jika dilakukan dengan konsisten dan bersungguh-sungguh ada peluang besar Anda akan terhindar dari hutang menumpuk.

4. Berhenti Menggunakan Kartu Kredit

Umumnya kartu kredit banyak dipilih karena kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan. Selain proses kepemilikan kartu kredit juga tidak terlalu rumit dan membutuhkan banyak persyaratan.

Bahkan bagi pemilik kartu kredit, ia terkadang akan merasa memiliki banyak uang. Sehingga bebas menggunakan kartu tersebut.

Namun pada saat akhir bulan, tagihan yang datang kadang membuat pemilik kartu kredit menjadi tegang dan pusing melihat jumlah tagihan menumpuk.

Sehingga pada saat Anda dalam posisi memiliki banyak hutang dan belum bisa untuk melunasinya, ada baiknya untuk menghentikan terlebih dahulu pemakaian kartu kredit.

Meskipun sesudah menggunakan tips melunasi hutang yang menumpuk satu ini, Anda bisa terbebas dari lilitan hutang. Namun ada baiknya saat memiliki kartu kredit, Anda menggunakannya dengan bijak di kemudian hari agar tidak terjerat lilitan hutang kembali.

5. Perketat Anggaran Belanja

Saat memiliki hutang menumpuk dan merasa sulit untuk mengatasinya, ada baiknya Anda mulai untuk memperketat anggaran belanja.

Hal yang paling utama hindari membeli barang barang yang tidak terlalu penting.

Selain itu, Anda bisa memangkas beberapa pengeluaran yang terlihat tidak menjadi prioritas Anda. Utamakan untuk membayar hutang terlebih dahulu agar tidak menumpuk.

Semakin anda memangkas anggaran dan menghemat pengeluaran, maka dana yang sudah terkumpul dapat dialokasikan untuk membayar hutang terlebih dahulu.

Akan tetapi sangat melakukan langkah ini, hindari kesalahan memotong pengeluaran secara besar besaran.

Pasalnya, langkah tersebut dapat membuat kaget karena belum terbiasa. Sehingga ada baiknya jika dimulai dari memangkas pengeluaran yang tidak terlalu penting untuk kehidupan Anda saat ini.

6. Mulai Mencari Alternatif Penghasilan

Saat terlilit hutang dan penghasilan bulanan dirasa tidak bisa menutupinya, maka Anda harus memutar otak untuk mencari jalan keluar.

Salah satu opsi yang dapat Anda lakukan yakni dengan mencari alternatif penghasilan. Saat mencoba tips melunasi hutang yang menumpuk satu ini, jangan hanya terpaku pada satu pekerjaan sampingan. Banyak pekerjaan sampingan yang tidak memerlukan modal.

Saat memutuskan untuk mengambil pekerjaan sampingan, maka waktu nongkrong dan juga bermain menjadi berkurang.

Namun percayalah, saat fokus untuk mencari penghasilan tambahan maka hutang Anda yang sudah menumpuk tersebut secara perlahan bisa dibayar.

Berhenti untuk meratapi hutang Anda yang telah menggunung, fokus dan sikapi dengan positif masalah tersebut.

7. Menjual Barang yang Tidak Dibutuhkan

Anda sudah berhemat dan memotong anggaran, namun hutang belum juga terbayarkan.

Anda telah melakukan pekerjaan sampingan untuk menambah dana, tetapi juga belum bisa menutupi hutang Anda yang menggunung.

Mungkin Anda bisa mulai menjual barang yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan.

Daripada barang tersebut teronggok tidak terpakai, ada baiknya untuk dijual. Apalagi jika barang masih layak dijual. Anda juga bisa menjual barang yang memiliki nilai jual tinggi.

Meskipun untuk merelakan barang bernilai tersebut sangat sulit, namun Anda harus memprioritaskan terlebih dahulu hutang yang harus dibayarkan.

Selagi masih bisa memakai alternatif lainnya, Anda tidak perlu untuk menyesali keputusan menjual barang barang tersebut. Jika telah terhindar dari hutang menumpuk, maka Anda bisa menabung untuk membeli barang tersebut kembali.

8. Berkonsultasi Dengan Pihak yang Berpengalaman

Tips melunasi hutang yang menumpuk selanjutnya yakni melakukan konsultasi kepada pihak yang lebih berpengalaman.

Pasalnya, pihak tersebut umumnya lebih berpengalaman untuk mengelola hutang.

Biasanya pihak berpengalaman lebih memahami strategi apa yang harus diambil untuk menghindar dari hutang menumpuk. Dimana konsultan tersebut, terlebih dahulu melihat kondisi keuangan dan kemampuan Anda untuk membayar hutang.

Mengapa memilih berkonsultasi dengan konsultan keuangan? Pasalnya konsultan keuangan yang berpengalaman biasanya bisa melakukan negosiasi dengan pihak bank.

Yang mana kemungkinan yang didapat yakni adanya potongan atau bunga pinjaman yang lebih rendah dengan tenor yang diperpanjang.

Konsultan keuangan tersebut dapat membantu Anda untuk mengambil langkah yang tepat, guna terbebas dari hutang menggunung.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindarkan diri hutang menumpuk. Saat menetapkan langkah tersebut, berhentilah meratapi hutang Anda yang mungkin saja akan menumpuk atau terlanjur sudah menumpuk. (mus)