29 April 2024 - 16:07 16:07

Tips Pilih Talenan yang Tepat untuk di Dapur

WartaPenaNews, Jakarta – Ibu, penting loh bagi kita memastikan anggota keluarga makan makanan yang aman dan sehat. Maka dari itu, wajib bagi ibu memiliki keterampilan dalam mengolah makanan mentah.

Kalau berbicara mengenai mengolah makanan yang aman tidak sekedar pada penyimpanan daging pada suhu yang tepat dan memastikan makanan itu matang sempurna loh, moms. Tahap persiapian dalam mengolah makanan juga sama pentingnya.

Untuk mencegah keracunan makanan dan kontaminasi makanan dari potensial tercemar bakteri, ibu di rumah juga harus memiliki dua jenis talenan khusus untuk memotong daging dan ayam.

Kenapa? Sebab, saat menyajikan daging, ayam, atau makanan laut untuk makan malam, segala jenis daging mentah dapat mengandung bakteri.

Ketika para ibu menggunakan talenan yang sama, tentu saja dapat berpotensi mencemari makanan lainnya yang dipotong pada talenan yang sama.

Kenapa? Sebab, bakteri tersebut dapat bertahan di celah-celah talenan meski telah dicuci menggunakan sabun dan air panas.

Sementara itu, mungkin untuk daging yang dimasak dengan suhu yang aman tidak terlalu bermasalah. Tetapi, buah-buahan dan sayuran ibu mungkin bisa terpapar beberapa bakteri dari talenan itu.

Kemungkinan untuk kontaminasi silang ini adalah alasan yang sama mengapa petugas kesehatan mengingatkan untuk tidak mencuci ayam sebelum ibu memasaknya.

Untuk mengurangi risiko kontaminasi silang itu cukup sederhana. Ibu cukup memiliki dua atau lebih talenan dan pastikan salah satunya disediakan khusus untuk memotong daging mentah, ayam, dan makanan laut.

Jenis talenan yang terbaik untuk di dapur

Selain memiliki permukaan yang terpisah, ibu juga perlu memperhatikan jenis talenan. Memang benar bahwa talenan kayu terlihat bagus, tetapi menggunakannya untuk daging atau ayam adalah hal yang tidak boleh menurut USDA.

Sebab, bakteri dapat tumbuh subur di dalam pori-pori kayu yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

USDA merekomendasikan penggunaan talenan non-berpori untuk menangani daging. Talenan akrilik atau kaca juga merupakan tambahan yang bagus untuk dapur Anda.

Jika Anda tidak tahan berpisah dengan talenan kayu Anda, simpanlah talenan itu untuk memotong buah-buahan, sayuran, keju, dan roti. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03