28 Januari 2023 - 07:59 7:59
728x90

Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal

wartapenanews.com – Tuntutan hukuman 12 tahun penjara terhadap terdakwa Richard Eliezer jadi sorotan. Amar tuntutan yang disampaikan oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dinilai sarat kejanggalan, tidak logis dan tak memenuhi rasa keadilan masyarakat.

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti, Azmi Syahputra merasa prihatin dengan tuntutan yang disampaikan jaksa. Menurutnya, selama persidangan banyak hal yang meringankan Richard, termasuk juga perannya sebagai justice collaborator dalam mengungkap kasus pembunuhan berencana Brigadir J, seperti dinafikan oleh tim JPU.

“Tuntutan Pidana 12 Tahun kepada Bharada E janggal tanpa pertimbangan objektif dan tidak logis, jaksa gagal menjadi filter dalam mewujudkan rasa keadilan masyarakat,” kata Azmi saat dihubungi pada Kamis (19/1/2023).

“Ini sebuah keprihatinan, Jaksa gagal dalam menentukan berat ringannya tuntutan kepada terdakwa padahal tampak Jaksa telah memaparkan banyak hal dan fakta yang meringankan lebih dominan daripada hal- hal yang memberatkan, yang diperoleh dari keterangan Bharada E termasuk membantu menemukan persesuaian fakta-fakta dan persesuaian alat bukti,” jelasnya.

Ia pun menyayangkan jaksa tidak mempertimbangkan sikap kooperatif Richard selama persidangan. Ditambah pihak keluarga korban juga sudah memaafkan Richard dengan pertimbangan telah bersedia menjadi pembuka tabir peristiwa.

“Jaksa gagal fokus dalam tuntutannya semestinya hal-hal dan fakta tertentu, sifat koperatif dan terbantunya pembuktian Jaksa akibat adanya bantuan keterangan Bharada E yang bersesuaian harus dimajukan untuk diutamakan sebagai pertimbangan objektif sekaligus sebagai alasan lebih ringannya tuntutan atas dirinya,” lanjut dia.

Disinyalir jaksa telah masuk angin, lantaran dominasi pertimbangan tak berkesusaian dengan tuntutan yang diterima Richard. Sehingga menghasilkan amar tuntutan yang janggal dan tidak objektif. “Patut diduga tuntutan ini terbalut kejanggalan, tidak lengkap hal-hal yang diajukan,” sebutnya.

Diketahui, terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu hanya mampu memejamkan matanya dan menundukkan kepala saat dituntut 12 tahun penjara. Meski, Richard menyandang status justice collaborator (JC) dan telah dipertimbangkan mendapatkan keringanan hukuman dalam tuntutan kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Hal ini disampaikan Jaksa saat membacakan tuntutan untuk terdakwa Richard Eliezer di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (18/1/2023). “Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana 12 tahun penjara dipotong masa penahanan,” kata Jaksa Paris Manalu.

Dalam pertimbangannya, Richard yang juga berperan menembak dan melesatkan peluru ke tubuh Brigadir J dinilai telah melanggar pasal 340 KUHP subsider pasal 338 juncto pasal 55 dan 56 KUHP. Meski, ia menyandang status JC dan diperintah Ferdy Sambo menembak Brigadir J.  (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Ketua Komite Yudisial Asprov PSSI Sulut Dorong Devanda Aditya Putra Jadi Sekjen PSSI

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
28 Januari 2023 - 07:33
7 Orang Tewas Dalam Penembakan di Sinagoge Yerusalem

wartapenanews.com - Tujuh orang tewas dan 10 orang luka-luka akibat serangan di sebuah Sinagoge di Neve Ya’akov, Yerusalem pada Jumat (27/1). Korban luka langsung dibawa ke rumah sakit, termasuk wanita

01
|
28 Januari 2023 - 07:04
Tim SAR Temukan Anak Panti Asuhan yang Hanyut di Kali Ciliwung

wartapenanews.com - Tim SAR gabungan berhasil menemukan jasad Bintang (8), anak panti asuhan Khadijah Al Qubro, Jagakarsa, Jakarta Selatan, yang hanyut di kali Ciliwung, pada Minggu (15/1) lalu. Tim SAR

02
|
28 Januari 2023 - 06:29
Dokter Sebut Campak Lebih Menular Tujuh Kali Lipat Dibanding COVID-19

wartapenanews.com - Pakar kesehatan Prof Dr dr Hinky Hindra Irawan Satari, Sp. A, Subsp. I.P.T., M.TropPaed mengatakan penyakit campak lebih menular dari COVID-19 dengan daya tular pada 12 hingga 13

03