9 May 2024 - 17:45 17:45

Turis Jatuh ke Laut akibat Jembatan Nusa Penida Ambruk

wartapenanews.com –  Kemenhub meminta maaf jembatan penghubung antara ponton dan dermaga utama Pelabuhan Penyeberangan Banjar Nyuh, Desa Ped, Nusa Penida, Klungkung, Bali, ambrol. Hal ini disampaikan Ditjen Hubla.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Nusa Penida I Ketut Gede Sudarma mengatakan, peristiwa tersebut terjadi Kamis (15/12) sore.

“Pada kesempatan ini, Kepala UPP Kelas II Nusa Penida menyampaikan permohonan maaf atas insiden yang terjadi kemarin sore. Dan mengajak para operator kapal dan juga penumpang kapal untuk menaati peraturan keselamatan yang ada,” kata Sudarma dalam keterangannya, Jumat (16/12).

“Serta mengutamakan keselamatan yang bukan hanya tanggung jawab regulator dan operator kapal tetapi merupakan tanggung jawab bersama termasuk para penumpang kapal,” imbuhnya.

Ia mengatakan, movable bridge atau jembatan penghubung patah diduga karena penumpukan penumpang. Jembatan penghubung tidak kuat menampung beban.

“Jumlah penumpang yang banyak dalam waktu bersamaan menggunakan movable bridge menuju fast boat sehingga melebihi batas kekuatannya,” katanya.

Ia menambahkan, Kemenhub kini mengantisipasi kejadian serupa tak terulang lagi. Dengan memperkuat jembatan, membuat railing pada bagian tengah jembatan dan menambah bolder atau baut pada jembatan.

“Selanjutnya, mengingat waktu keberangkatan fast boat yang bersamaan di setiap sore hari maka setiap fast boat harus memastikan jumlah penumpang sudah lengkap. Siap untuk berangkat agar fast boat dapat sandar di pelabuhan untuk menaikkan penumpang dan melapor ke Syahbandar,”katanya.

Jembatan tersebut ambrol pada Kamis (15/12) sekitar pukul 16.45 WITA. Padahal, Kementerian PUPR baru selesai membangun proyek ini bersamaan dengan Pelabuhan Sanur, Kota Denpasar pada awal Desember lalu.

Peristiwa ini bermula pada saat sekitar 35 wisatawan mancanegara (wisman) antre masuk ke speed boat Semabu Hills di jembatan penghubung. Mereka hendak menyeberang dari Kepulauan Nusa Penida ke Pelabuhan Sanur.

Jembatan tiba-tiba ambrol sehingga wisman yang didominasi asal India ini panik dan berjatuhan ke laut. Para penumpang sebagian diselamatkan warga. Ada yang berenang menuju jembatan. Ada juga yang selamat berkat petugas melemparkan pelampung.

Pihak operator kapal memberangkatkan penumpang setelah berhasil diselamatkan dalam keadaan tenang.  (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
9 May 2024 - 16:32
Helm Keramat Berusia 2.500 Tahun Ditemukan

WARTAPENANEWS.COM – Helm logam berusia 2.500 ditemukan di situs arkeologi Gomile, Kroasia. Meski ditaksir sudah berumur ribuan tahun, kondisi helm itu masih sangat bagus. Melansir Live Science, Kamis (9/5/2024), para

01
|
9 May 2024 - 16:15
Ilmuwan China Menciptakan Virus Mutan Ebola

WARTAPENANEWS.COM – Ilmuwan China telah merekayasa virus mengandung Ebola di laboratorium. Hasilnya, virus tersebut bisa menimbulkan gejala mengerikan saat menginfeksi dan membunuh hamster. Virus mutan Ebola ini diciptakan oleh para

02
|
9 May 2024 - 15:39
Usai Pesta Miras, Pemuda di Bogor Tusuk Emak-emak

WARTAPENANEWS.COM – Polisi telah menaikkan status hukum pemuda berinisial T yang melakukan penusukan kepada emak-emak di Kota Bogor. Kini, T sudah ditetapkan polisi sebagai tersangka. "Sudah dinaikan menjadi tersangka," kata

03