3 Februari 2023 - 14:19 14:19

Vietnam Siap Gelar Pertemuan Puncak Trump dan Kim Jong Un

WartaPenaNews, Jakarta – Presiden AS Donald Trump pada hari Selasa (5/2) mengumumkan, bahwa pertemuan puncak keduanya dengan Korea Utara akan berlangsung pada 27 – 28 Febuari di Vietnam.

Trump memuji diplomasi dengan Korea Utara dan memanfaatkan drama pengaturan untuk mengungkapkan pertemuan puncak yang telah lama direncanakan dengan pemimpin Kim Jong Un.

“Para sandera kami telah pulang, pengujian nuklir telah berhenti, dan belum ada peluncuran rudal dalam 15 bulan,” ujar Trump kepada anggota parlemen yang berkumpul di majelis DPR.

“Jika saya tidak terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat saat ini, akan berada dalam perang besar dengan Korea Utara. Banyak pekerjaan yang masih harus dilakukan, tetapi hubungan saya dengan Kim Jong Un adalah yang baik,” katanya.

Trump bertemu Kim pada bulan Juni di Singapura, pertemuan puncak pertama antara para pemimpin kedua negara yang tidak pernah secara resmi mengakhiri Perang Korea 1950-53, setelah pemimpin AS itu mengancam akan melenyapkan Korea Utara atas uji coba nuklir dan misilnya.

Sejak KTT itu, Trump merenungkan bahwa dia dan Kim telah jatuh cinta dan menyuarakan keinginan untuk bertemu dengannya, meskipun para kritikus mengatakan bahwa janji-janji Korea Utara tetap tidak jelas.

Kedua pemimpin di Vietnam akan perlu mengusahakan makna janji Korea Utara di Singapura tentang denuklirisasi. Kim membayangkan, penghentian semua senjata di semenanjung dengan cepat menyerahkan gudang senjata yang dibangun selama puluhan tahun oleh dinasti totaliter.

Utusan khusus AS untuk Korea Utara, Stephen Biegun, kepala Rabu untuk pembicaraan di Pyongyang tentang mempersiapkan KTT.

Ia mengatakan pekan lalu bahwa, sementara tidak mencabut semua sanksi tanpa denuklirisasi, Washington siap untuk mengambil langkah pertama untuk mendukung pembangunan ekonomi Korea Utara yang sangat dibutuhkan. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
satu 1
Wowon Erawan Tega Membunuh Anaknya, Ini Alasannya

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
3 Februari 2023 - 12:13
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur

wartapenanews.com  -  Seorang siswa teladan dari SMA Negeri 1 Kota Kotamobagu di Sulawesi Utara (Sulut) bernama Aldi, dianiaya atau dikeroyok oleh belasan siswa lainnya hingga babak belur dan harus dibawa

01
|
3 Februari 2023 - 11:07
Hujan Deras di Gunungkidul Menyebabkan Tanah Longsor

wartapenanews.com  - Hujan deras yang mengguyur Gunungkidul, Kamis (2/2/2023) malam memicu beberapa bencana tanah longsor. Hujan yang mulai pukul 19.00 WIB mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik. Tak hanya itu,

02
|
3 Februari 2023 - 10:06
Anggota DPRD Pekalongan Ditangkap saat Pesan Sabu

wartapenanews.com  -  Seorang anggota DPRD Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berinisial JZ (53) ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. JZ ditangkap di rumah rekannya pada Minggu 29 Januari 2023 kemarin.

03