29 Januari 2023 - 07:13 7:13
728x90

Sekitar 3 Ribu Mayat Korban ISIS Ditemukan di Suriah

WartaPenaNews, Jakarta – Kuburan massal peninggalan kelompok ISIS ditemukan di lahan pertanian di daerah al-Fukheikha di luar Kota Raqa, Suriah. Dilaporkan ada sekitar 3500 jasad yang dikubur di sana yang merupakan korban kekejaman organisasi radikal itu.

Melansir daily mail, kuburan massal itu baru ditemukan pada Januari lalu, setelah pasukan koalisi Kurdi dan AS merebut Raqa dari ISIS. Dari hasil penggalian mereka di satu tanah, ditemukan 120 jenazah.

“Ini adalah makam perorangan, tetapi di belakang kami, di dekat pepohonan, adalah kuburan massal yang dieksekusi oleh Daesh (ISIS). Diperkirakan ada sekitar 2.500 hingga 3.000 mayat di sana, ditambah sekitar 900 hingga 1.100 mayat di makam perorangan, jadi total seluruhnya dikumpulkan 3.500,” kata asisten tim forensik, Asaad Mohammad.

Dia menambahkan, delapan kuburan massal lainnya terletak di sekitar kota-kota sebelah utara Suriah, termasuk salah satu yang dijuluki ‘Panorama’ dan sekitar 900 mayat berhasil digali dari sana. “Al-Fukheikha adalah kuburan terbesar sejak ISIS datang ke Raqa pada 2014,” kata Mohammad.

Mohammad langsung melakukan proses perundingan terhadap jenazah-jenazah tidak dikenal yang dia temukan. Setelah memutuskan, rekan-rekannya meletakkan jenazah itu ke dalam kantong mayat.

Kerap kali Mohammad kesulitan dalam melakukan proses mayat-mayat di kuburan massal ISIS. Sebab, banyak dari jenazah sudah terkubur sangat lama dan hanya tersisa tulang belulang.

Mereka hanya mencatat setiap tanda-tanda dihitung dari jenazah itu penuh ke dalam buku besar, lantas meminta ke pemakaman yang memerlukan sekitar 10 kilometer untuk dikuburkan kembali.

Bekerja sejak Januari 2018, Mohammad dan rekan-rekannya mengklaim telah memperoleh lebih dari 3.800 mayat. Di mengembalikan ada 560 jenazah yang dapat meminta dan mengirim ke keluarga mereka untuk dimakamkan. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Ketua Komite Yudisial Asprov PSSI Sulut Dorong Devanda Aditya Putra Jadi Sekjen PSSI

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
28 Januari 2023 - 21:36
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak

wartapenanews.com -  " Saat dunia krisis energi tak terbaharukan, sejumlah kebijakan dan upaya dilakukan pemerintah dan staken holder dengan menghadirkan alternatif energi alam yang ramah lingkungan. Energi alam terbaharukan ini

01
|
28 Januari 2023 - 21:31
Rayakan Hari jadi ke 110 Tahun Sharp Gaungkan Kampaye Pelestarian Lingkungan ke Siswa Sekolah

wartapenanews.com - Berdasarkan data yang dikutip dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, selama tahun 2022 volume sampah di Indonesia mencapai 17.729.071 sampah per tahunnya. Sebesar 18,3%-nya adalah sampah plastik. Saat

02
|
28 Januari 2023 - 12:40
Biaya Haji Naik Jangan Panik, Arrum Haji Pegadaian Jadi Solusi Wujudkan Niat Baik

wartapenanews.com -  Usulan kenaikan biaya haji tengah menjadi perbincangan publik. Tak hanya memakan waktu tunggu keberangkatan yang semakin lama, melainkan biaya haji yang nyaris naik dua kali lipat dibandingkan tahun

03