27 April 2024 - 08:44 8:44

Jerinx SID Sebut RUU Permusikan sebagai Kemunafikan Tingkat Tinggi

WartaPenaNews, Jakarta – Ratusan musisi di Indonesia mengecam, terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan yang sebentar lagi bakal digulirkan oleh DPR pada tahun ini. Sebab, aturan tersebut dinilai bisa ‘menghancurkan’ kebebasan berekspresi.

Di antara aspek-aspek yang paling kontroversial dari rancangan tersebut adalah Pasal 5, yang melarang ‘pengaruh asing yang negatif’ serta konten yang menghujat atau pornografi, dihukum dengan pidana penjara atau denda.

Jerinx, anggota band punk-rock Indonesia Superman is Dead, adalah salah satu dari 200 musisi yang telah mengkritik undang-undang yang diusulkan. Menulis di akun Instagram-nya, “memperkosa hak kebebasan berekspresi, dan akhirnya menghancurkan mereka,” tulis Jerinx.

Drummer asal Bali ini juga menyatakan RUU ini disebutnya sebagai ‘kemunafikan tingkat tinggi’ dari pemerintah Indonesia. Sebab, ia melihat bahwa Presiden Joko Widodo dikenal luas sebagai penggemar band-band heavy metal asing seperti Metallica.

“Target pasti dari undang-undang tersebut tidak jelas, meskipun kadang-kadang ada keributan tentang persepsi imoralitas bintang pop asing,” katanya.

Pada bulan Desember, sebuah iklan TV yang menampilkan anggota dari semua girl band K-pop, Blackpink, yang memperlihatkan mereka mengenakan rok mini dan gaun pendek, ditarik setelah komisi penyiaran mengatakan itu merusak kesopanan dan norma moral.

Pada 2012 Lady Gaga terpaksa membatalkan konser yang terjual habis di Jakarta setelah kelompok garis keras Islam mengancam untuk secara fisik menghentikannya turun dari pesawat.

Sementara itu, Musisi Indonesia Kartika Jahja mengaku heran, darimana munculnya RUU tersebut. Untuk itu, dalam beberapa hari terakhir seniman dari seluruh negeri dan spektrum musik membentuk koalisi untuk menolak RUU tersebut.

“Semua orang khawatir karena ada begitu banyak bab yang bermasalah di dalam konsep. Bagi saya pribadi yang pertama adalah bab yang mengatur konten musik, sehingga tidak dapat mengandung pengaruh negatif dari Barat dan penistaan ​​dan begitu seterusnya,” tuturnya

“Saya pikir itu adalah tanah yang sangat berbahaya, jika RUU itu disahkan, untuk membungkam musisi karena musik adalah salah satu agitator terbesar dan terbesar untuk berbagai gerakan sosial dan politik di negara ini,” tambahnya.

Para koalisi meluncurkan petisi menentang rancangan undang-undang di change.org pada hari Minggu malam, yang pada hari Senin telah ditandatangani oleh lebih dari 65.000 orang.

Selain tumpang tindih dengan hak cipta yang ada dan undang-undang lainnya, rancangan undang-undang tentang musik lebih jauh bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945 Indonesia, yang menjunjung tinggi kebebasan berekspresi di negara demokratis, negara-negara pembuat petisi.

Ditunjuk sebagai tagihan prioritas oleh Dewan Perwakilan Rakyat, rancangan undang-undang tersebut telah banyak dikutuk secara online, cenderung di Twitter dengan tagar #TolakRUUPermusikan, yang diterjemahkan sebagai ‘tolak RUU musik’.

Khawatir RUU itu akan membelenggu kebebasan berekspresi, sekelompok musisi Indonesia bertemu dengan anggota parlemen untuk membahasnya pekan lalu, menyerukan diskusi komprehensif dengan seniman dan pemain industri dan pertimbangan lebih lanjut sebelum undang-undang tersebut diajukan. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03